Header Ads

Mensos Tinjau Lokasi Pembangunan Rumah Korban Bencana di Pandu 


Manado, BLITZ--Lokasi pembangunan rumah korban bencana banjir bandang di Kelurahan Pandu, Kecamatan Bunaken, didatangi Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia Khofifah Indah Parawansa, Jumat (3/2) sore.

Dalam kunjungan tersebut, Mensos menyatakan jika kedatangan dirinya untuk memberikan bantuan perlengkapan rumah dengan uang tunai per keluarga Rp3 juta.
"Saya datang kemari, selain ingin melihat keadaan para korban bencana di Manado juga untuk memberikan bantuan untuk mengisi rumah bapak-bapak, ibu-ibu sekalian," ujar Mensos Khofifah.

Menurutnya, tidak hanya bantuan isi rumah, Kementerian Sosial bersama pemerintah daerah akan memberikan bantuan modal usaha untuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE).
"Silahkan jika ada yang ingin dibantu untuk modal usaha di tempat ini, silahkan dibentuk KUBE, kami akan bantu," tandas Mensos, seraya mengakui hibah lahan 200 hektar dari Pemerintah Provinsi Sulut merupakan sesuatu yang sulit ditemukan di daerah bencana lainnya.
"Udara disini sejuk karena banyak pepohonan, mari kita ajak masyarakat lainnya yang ingin ikut menempati tempat di Pandu Bunaken yang sejuk ini," tukasnya.

Sementara, Walikota Manado menandaskan dengan adanya ribuan rumah di lokasi tersebut, bukan tidak mungkin akan terbentuk kelurahan baru.
"Dengan jumlah ribuan rumah disini, kami bersama DPRD sedang memikirkan untuk dibentuknya kelurahan baru. Tentunya juga pasti ada "Pala" (kepala lingkungan) baru," jelas Walikota GSVL.Selain itu, kata Walikota GSVL, untuk melengkapi lokasi tersebut, akan dibangun fasilitas umum seperti sekolah, Puskesmas, tempat ibadah, dan pasar.
"Bukan tidak mungkin, kami akan mengadakan trayek baru untuk memantu masyarakat mendapatkan transportasi umum," tukas orang nomor satu di Manado yang datang didampingi isteri yang juga Rektor Universitas Negeri Manado (Unima) Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey menegaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, akan membantu dan mendukung upaya pengadaan fasilitas yang direncanakan Pemkot Manado melalui dana hibah Pemprov.
"Kami dari pemerintah provinsi akan ikut mensupport dan membantu Pemkot Manado dalam penyediaan fasilitas disini, termasuk akan memberikan bantuan dana hibah," ujar Gubernur.

Mensos Khofifah dalam kunjungan kerja tersebut, menyempatkan diri melihat langsung kondisi rumah dan penghuninya.Tampak hadir dalam kunjungan tersebut Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan, Ketua DPRD Manado Nortje Van Bone, para pejabat Pemprov Sulut, Taruna Siaga Bencana serta pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana.




Shiaumey H



block ID 8794 : editorialsulut.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.