Header Ads

KPU Minahasa Gelar Bimtek Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilu

Suasana Bimtek Pelatihan Agen Sosialisasi Pilkada 2018.(ist)

Manado, BLITZ--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelatihan Agen Sosialisasi Pilkada Minahasa 2018, pada bertempat di Lion Hotel dan Plaza Manado baru-baru ini.

Selaku narasumber kegiatan ini Ketua KPU Minahasa Meidy Yafeth Tinangon SSi MSi yang mengambil tema Kebijakan KPU dalam Sosialisasi dan pendidikan pemilih dalam rangka Peningkatan partisipasi masyarakat, dan selaku moderator Dr Stella Sompe SH MAP.


Tinangon mengatakan, bahwa telah diatur lewat PKPU no 8 tahun 2017, tentang sosialisasi dan partisipasi masyarakat, yang salah satu tujuannya untuk menyebarkan informasi, jadwal, dan program pemilihan.

"Jadi tugas dari agen informasi adalah meningkatkan pengetahuan pemahaman dan kesadaran masyarakat, tentang hak dan kewajiban dalam pemilihan dan meningkatkan partisipasi pemilih," katanya.

Tambahnya, tugas Agen sosialisasi bukan saja meningkatkan Partisipasi namun harus berkualitas, datang di TPS tapi suaranya jadi rusak, atau dipengaruhi oleh pihak lain, karna dalam hal ini masyarakat masih terkesan cuek dan tidak perduli jika ada hal yang mungkin merugikan seperti kecurangan dan lainnya.

"Sasaran sosialisasi pemilihan adalah
Keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, pemilih penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, dan kaum marjinal, seperti Komunitas, keagamaan, relawan demokrasi, warga internet netizen, Masyarakat umum, media massa dan lainnya," jelasnya.

"Kami sebagai Komisioner Berharap agen sosialisasi dapat meneruskan informasi sampai kepada masyarakat, dan Sosialisasi kiranya bisa optimal dan dapat meningkatkan Partisipasi Pemilih," katanya.

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab terkait sosialisasi, hadir pada kesempatan ini Komisioner Dra Wiesje Wilar MSi, Dicky Paseki SH MH, Kristoforus Ngantung Sfils, dengan peserta perwakilan perempuan, Pemilih Pemula, dan Media Center KPU Minahasa.




Willy Tentero

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.