Header Ads

Semangat Kebhinekaan Indonesia Warnai Upacara HUT RI ke-73 di Rutan Manado


Peserta upacara pakai baju adat daerah.(ist)


Manado, BLITZ -- Rumah Tahanan Klas IIA Manado menampilkan corak kebhinekaan selama upacara Penyerahan Remisi dalam Rangka HUT RI ke-73, Jumat (17/8/2018) pagi, pekan lalu. 

Petugas dan peserta yang terlibat dalam upacara tersebut mengenakan aneka busana adat dari berbagai daerah. Pakaian adat Minahasa, Batak, Papua, Jawa, Dayak, yang dikenakan pegawai rutan, petugas Badan Pemasyarakatan dan Kantor Wilayah Hukum dan HAM, mengirim pesan kemajemukan yang belakangan makin gencar digaung Presiden Joko Widodo. 

Upacara dipimpin Inspektur Wali Kota Manado Dr GS Vicky Lumentut, dengan komandan upacara Ricko Wendur yang mengenakan busana Kabasaran, Minahasa. 

Di sela upacara tersebut, Lumentut sekaligus menyerahkan remisi 17 Agustus (potongan masa hukuman) kepada 86 narapidana dan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 21 PNS Rutan Manado, dengan masa kerja 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.

Usai melanjutkan pesan Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly, Lumentut mengucapkan selamat kepada penerima remisi dan Satyalancana Karya Satya. 

“Selamat bagi penerima Satyalancana Karya Satya. Kita tunjukan kecakapan, kedisiplinan, kesetian dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya. Selamat juga untuk WBP penerima remisi,” ungkap Ketua Partai Demokrat Sulut yang turut menyumbang makanan kotak bagi 500-an WBP Rutan Manado itu.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Rutan Manado Roni Agustinus Rumondor SH MH bangga dan mengapresiasi kelangsungan upacara yang dinilai sukses. 

“Terima kasih atas partisipasi, keaktifan, dukungan semua pihak baik warga binaan maupun petugas selama kegiatan berlangsung. Mari kita bangun semangat persaudaraan, kemajemukan dan saling menghormati,” ajak Rumondor.

Ucapan terima kasih juga datang dari Ketua Panitia HUT RI ke-73 Rutan Manado Hendra Balowahani. 

“Semua kegiatan yang dirancang sejak awal, berlangsung sukses. Kompetisi olahraga diikuti hampir semua warga binaan rutan,” tutur Hendra.

Hadir juga dalam upacara tersebut, pejabat Kanwil KemenkumHAM, pejabat Bapas, Sekretaris Kota Manado Peter Bart Assa PhD bersama jajaran kepala-kepala dinas Kota Manado dan unsur Muspida lainnya. Termasuk Kepala Pengamanan Rutan Sony Gumansalangi, Kasubsi Kegiatan Kerja Rutan Manado Ferry Audy Ngajow dan Kasubsi Arjun Djuma Okong. 

Upacara HUT RI juga diisi dengan musik Kolintang, Zumba yang diperagakan warga binaan perempuan, Freestyler sepeda motor menyusul rekreasi bersama dan penyerahan hadiah. 





Riddy

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.