Header Ads

Manfaatkan Lahan Tidur, Bupati Joune Ajak Masyarakat Bercocok Tanam

Ketok tentenkoren simbol dimulainya bercocoktanam Kelompok Tani Torpedo.(ist)


MINUT, ESc--Upaya peningkatan dan optimalisasi ketahanan pangan di Kabupaten Minahasa Utara, Bupati Joune Ganda, SE mengajak kelompok-kelompok Tani memanfaatkan lahan tidur untuk bercocoktanam pangan maupun Hortikultura, di massa pandemi sekarang ini.


"Di era sekarang apalagi di masa  pendemi, kita harus krearif dan memanfaatkan segala peluang yang ada. Termasuk mamanfaatkan lahan tidur untuk dikelola dan  bercocoktanam Hortikultura," ujar Bupati Joune saat Penanaman jagung di Kebong Torpedo di Desa Warisa Kecamatan Talawaan Kamis (1/4/2021).




Dalam upaya tersebut, menurutnya Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara akan berupaya dan menopang lewat bantuan-bantuan bibit serta pendampingan secara gratis.


"Pemkab dan dinas-dinas terkait akan terus mendukung dan mensupport langsung. Dannkami akan mendorong kelompok tani yang akan menanam hortikultura akan kami berikan bibit gratis dan pendampingan," ujar Joune lagi.




Ditambahkan Bupati, pemanfaatan lahan tidur yang digagas Torpedo sangat baik dimasa Pandemi saat ini mengingat Minahasa Utara mempunyai potensi lahan yang tidur yang banyak dan di karuniai tanah yang subur.


" Minahasa Utara memiliki kekayaan alam dengan potensi struktur tanah yang subur sehingga terobosan yang dilakukan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi kelompok tani masyarakat di desa dan kesejahteraan masyarakat Minahasa Utara secara keseluruhan," kuncinya.




Diketahui, Kelompok Tani Torpedo di bawah pimpinan Panglima Jemmy Sambiran  memanfaatkan 10 H lahan kering atau lahan tidur yang ada di Desa Warisa di gunakan kelompok tani desa tersebut untuk bercocok tanam.




Turut hadir dalam kegiatan siang itu, Kepala Dinas Pertanian, Ir Wangke Karundeng bersama jajaran, Camat Talawaan serta para Hukum tua



DeWa


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.