Header Ads

5 Komisioner KPU Manado Menyampaikan Persiapan PEMILU 2024 ke Walikota

 

Manado,editorialsulut.com - KPU Manado menyampaikan persiapan awal tahapan pemilihan umum kepada pemerintah kota, sekaligus menyampaikan berbagai kebutuhan yang diperlukan. 

Ketua KPU Manado, Drs. Jusuf Wowor, MSi, mengatakan, seluruh komisioner KPU sudah bertemu dengan wali kota dan menyampaikan persiapan pemilihan umum 2024 nanti.

"Dalam pertemuan itu, kami sudah menyampaikan usulan untuk infrastruktur pesta demokrasi nanti, termasuk ancar - ancar anggaran yang diperkirakan akan digunakan nanti," kata Wowor. 

Dia mengatakan, KPU juga menyampaikan usulan, juga telah menyebut naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) dalam pertemuan itu dan bagaimana kira-kira langkah pemerintah daerah menganggarkan dana Pilkada nanti, karena sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, pemilihan kepala daerah ditanggung oleh pemerintah kabupaten dan kota, sedangkan Pilcaleg dan Pilpres didanai pusat. 

"Namun bagaimana nanti, diserahkan kepada tim anggaran pemerintah daerah (TAPD), karena memang pascapandemi COVID - 19, keuangan kemampuan daerah maupun negara mengalami penurunan," katanya. 

Jadi kata dia, akan diserahkan ke pemerintah apakah dicicil mulai dalam APBD-P 2022 , induk dan perubahan APBD 2023 atau sekaligus di 2024, semuanya diserahkan kepada TAPD.

Dia mengatakan, yang penting KPU berharap anggaran pelaksanaan Pilkada dilaksanakan tersedia sehingga pesta demokrasi bisa berjalan lancar.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.