Header Ads

Bupati Joune Ganda Hadiri Peresmian Pusat Daur Ulang dan Rumah Kompos bersama Ditjen PSLB3 KLHK


Minut, ESc--Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, SE, MAP., menerima Fasilitas Pusat Daur Ulang dan Rumah Kompos yang telah dibangun oleh Ditjen PSLB3 KLHK bertempat di Hotel Mulia Jakarta, hari ini Selasa (26/07/2022).


Bupati dalam kesempatan ini mengatakan bahwa Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dan strategi nasional pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga sebagaimana tercantum didalam Perpres Nomor 97 Tahun 2017 sebagai pedoman pengelolaan sampah secara terintegrasi. 


"Sejalan dengan itu, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara telah menyusun kebijakan dan strategi daerah yang dijabarkan dalam peraturan Bupati Nomor 43 Tahun 2018 tentang kebijakan dan strategi Minahasa Utara dalam pengelolaan sampah sejenis sampah rumah tangga," jelasnya.


Bupati juga menyampaikan bahwa Pengelolaan sampah adalah kewajiban bersama sebagai penghasil sampah. Oleh karena itu.


"Kita untuk harus bertanggung jawab menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat," ujarnya.


Diakhir sambutannya, Bupati menyampaikan Terima kasih karena menjadi salah satu dari 5 daerah yang menerima bantuan fasilitas pengelolaan sampah dalam hal ini rumah kompos dengan kapasitas 2 Ton/hari. 


"Dengan adanya fasilitas ini akan membantu peningkatan kapasitas dan kepedulian masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Minahasa Utara sehingga meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan. Fasilitas ini juga akan menjadi salah satu faktor penunjang bagi Kab. Minahasa Utara sebagai daerah Destinasi Super Prioritas," katanya


Ikut hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Jendral Pengelolaan Sampah LB3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ibu. Rosa Vivien Ratnawati., Direktur Penanganan Sampah KLHK, Bpk. Novrizal Tahar, Para kepala Daerah; Walikota Pariaman, Bupati Kudus, Bupati Lombok Barat, Bupati Magelang, dan para Kepala Dinas Lingkungan Hidup beserta jajaran serta para tamu undangan.(*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.