Header Ads

Dirjen Keuangan Kemendagri Sambangi Lokasi Pengungsian Bencana Minsel



MINSEL, ESC - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Agus Fatoni didampingi Bupati Kabupaten Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar dan Wakil Bupati Petra Yani Rembang meninjau langsung posko pengungsian dan pembagunan Hunian Sementara (Huntara) korban terdampak bencana alam pesisir pantai Amurang, Rabu (13/07/2022).


Dalam kunjungannya itu, Fatoni bersama rombongan juga menyerahkan bantuan logistik secara simbolis dari Kemendagri dan Purna Praja Angkatan 03 (Pujangga) kepada para korban terdampak bencana di posko pengungsian Uwuran Dua Amurang.


Usai menyerahkan bantuan di posko pengungsian, rombongan melanjutkan kunjungan ke lokasi huntara yang berada di perkebunan palambean. Disana Fatoni melihat langsung progres pembangunan huntara yang sebentar lagi rampung dan ditingali para masyarakat terdampak bencana.


“Kami mengunjungi pengungsi, melihat bencana, kemudian menyampaikan bantuan dari Bapak Menteri Dalam Negeri. Kami menyampaikan bantuan kepada korban dan mudah-mudahan ini bisa membantu meringankan beban seluruh masyarakat terdampak. Semoga yang terdampak ini juga dikuatkan dan diberikan kesehatan,” ungkap Fatoni.


Dirjen Keuda Kemendagri, Agus Fatoni (kiri) Wakil Bupati Minsel, Petra Yani Rembang (kedua dari kiri) dan Bupati Minsel, Franky Donny Wongkar (ketiga dari kiri) saat meninjau lokasi pembangunan huntara.


Dalam kesempatan ini, Fatoni juga mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan pemerintah daerah terkait percepatan penanganan pasca bencana yang telah menimpah warga Kelurahan Bitung dan Uwuran Satu, Kecamatan Amurang.


“Pemerintah kabupaten cukup responsif dan cepat untuk penanganan, begitu juga Pemprov sudah banyak bantuan yang diberikan, kami juga dari Kemendagri memberikan bantuan. Ini tanggung jawab pemerintah, tanggung jawab masyarakat dan tanggung jawab kita bersama. Karena kita semua Bersaudara,” katanya.


Sementara itu, Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan oleh Kemendagri dan Purna Praja Angkatan 03, terlebih khusus Dirjen Keuda Kemendagri Agus Fatoni bersama rombongan yang telah hadir langsung melihat situasi di posko bencana serta lokasi pembangunan huntara.


Diketahui, Huntara yang sedang dibangun Pemkab Minsel ini sudah dalam tahap penyelesaian akhir, dan rencananya dalam waktu dekat akan ditempati oleh para korban bencana sambil menunggu relokasi ke hunian tetap yang akan diberikan pemerintah.


Turut hadir dalam kesempatan, Sekretaris Daerah Minsel Glady Kawatu, para Kepala Dinas, Kepala Bagian, unsur Forkopimda serta Pemerintah setempat.



Penulis: Steven Paat


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.