Header Ads

Kegiatan TMMD Selesai, Bupati Franky Ucapkan Terima Kasih


MINSEL, ESC - Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati Minsel Pdt. Petra Yani Rembang, MTh, menghadiri acara penutupan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 di Desa Tondey Kecamatan Motoling Barat kabupaten Minahasa Selatan, Rabu (9/11/2022).


Acara penutupan tersebut,  dilaksanakan di Lapangan Desa Tondey dan tampil sebagai Inspektur Upacara Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Hengki Yuda Setiawan.


Irup Kol.Hengki Yuda Setiawan saat membacakan sambutan tertulis Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh mengatakan, bahwa kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2022, dapat dijadikan sebagai momentum untuk menjalin Kemanunggalan TNI dengan rakyat, kehadiran TNI kiranya dapat menjadi suri teladan bagi masyarakat dalam melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab serta menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan dan kegotongroyongan.


"Jika ada tutur kata, tindakan yang dilakukan prajurit TNI selama melaksanakan kegiatan di Desa Tondey, saya mohon maaf dan siap untuk diperbaiki," ungkap Tuejeh seperti yang dibacakan oleh Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Hengki Yuda Setiawan.



Sementara itu  Letkol (Inf) Ircham Effendy Komandan Kodim 1302/Minahasa selaku Dansatgas TMMD ke 115 TA 2022 di Minahasa Selatan melaporkan kegiatan TMMD di Desa Tondey mulai 11 Oktober hinga 09 November 2022. 


Dalam kurun waktu selama 1 bulan ini, personil pihak TNI 127 prajurit, 12 personil Polres Minsel, 11 PNS Minsel, 50 warga Tondey telah berhasil melaksanakan beberapa kegiatan masing-masing : kegiatan Pengerasan jalan di Desa Tondey-Pelita sepanjang 2,8 Km dengan lebar 8 meter,  1 buah plat dueker di Desa Tondei Panjang 2,80 m x Lebar 6 m,  Pengecatan 2 unit Gereja di Desa Tondey,  Pembuatan 2 unit MCK di Desa Tondey,  Pembuatan pos Kamling 1 unit di Desa Tondey.


Sedangkan kegiatan nonfisik lainnya  yang sudah dilaksanakan adalah penyuluhan/sosialisasi wawasan kebangsaan deradikalisasi terorisme, kamtibmas, narkoba/miras, pertanian, covid 19, stunting, posbindu PTM, posyandu. “Semua kegiatan ini berjalan dengan talangan dari TNI sebesar Rp. 505. Juta dan dari Pemkab Minsel melalui APBD Rp. 1 Miliar,” ungkap Ircham.



Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH juga mengapresiasi pihak TNI yang sudah membantu Pemda Minsel secara khusus untuk warga dan masyarakat yang ada di Dusun Pelita Desa Tondey kecamatan Motoling Barat.


“Kami sangat berterima kasih, pak Pangdam, Danrem dan Dandim telah memiliki Desa Tondey Motoling Barat Minahasa Selatan untuk dijadikan sebagai pusat kegiatan TMMD ke-115 dengan tema  TMMD dedikasi terbaik membangun NKRI. Dan dampaknya langsung dirasakan oleh masyarakat Pelita Tondey,” tegas Bupati Franky. 


Dalam kegiatan ini Bupati Franky Donny Wongkar juga turut didampingi wakil Bupati Minsel Pdt. Petra Yani Rembang, MTh, Kapolres Minsel AKBP Bambang Harleyanto, Kajari Minsel Budi Hartono S.H., M.Hum, Kapolsek Motoling, Camat Motoling Barat, Motoling dan Motoling Timur, Kadis Kominfo Minsel Ir. Max Weken dan seluruh pejabat teras kecamatan dan Desa. 




Penulis: Steven Paat


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.