Header Ads

Sisa Bonus Atlet Disoal, Ini Penjelasan Pemkab Minut


MINUT, ESC--Heboh di dunia maya, sisa bonus bagi para atlet Kabupaten Minahasa Utara(Minut) belum terbayar, menuai tanggapan dari Pemkab Minahasa Utara.


Melalui Kadispora Minahasa Utara Audy Sambul menjelaskan, pada dasarnya Pemkab Minut berkomitmen tinggi meningkatkan dan menghargai prestasi para atlit dari semua cabang olahraga, khususnya yang telah mengharumkan nama Minut di ajang Pekan Olahraga Pemprov (PORPROV) Sulut ke- XI di Bolmong pada 14- 21 November 2022 lalu.


Dan terkait soal pembayaran bonus kepada 298 Atlit kontingen Minut yang meraih medali Emas, Perak dan Perunggu pada prinsipnya baru dapat dibayarkan pada tahap pertama bada bulan Desember 2022 lalu.


Dimana, dana bonus yang dibayarkan itu bukan dana sisa PORPROV untuk kontingen Minut seperti yang sering dipertanyakan, akan tetapi dana yang memang telah tertata dalam APBD 2022.


"Untuk dana bonus bagi atlit 298 tertata jumlahnya tidak sesuai dengan jumlah atlit yang harus dibayarkan" ujarnya.


Dia menjelaskan, soal kenapa bonus bagi atlit tidak tertata dalam postur APBD induk 2023, hal itu karena sebelum pelaksanaan PORPROV proses pembahasan APBD induk telah selesai dan tinggal menunggu persetujuan Gubernur. Oleh karena itu tidak dapat dirubah lagi.


Ditambahkannya, terkait pembayaran dan besaran bonus bagi atlit di Kota Manado cepat terbayar dan nilainya besar, hal itu kata Audy karena beberapa faktor antara lain PAD Kota Manado yang besar dan kontingen Kota Manado mendapat bonus sebagai juara umum sebesar Rp 10 miliar dari Pemprov.


Katanya, pada tahap 1 lalu para telah diserahkan bonus kepada peraih medali emas 4 juta, perak 2 juta dan peraih medali Perunggu sebesar 1 juta.


Audi menjelaskan, adapun pembayaran bonus tahap 1 bagi 298 atlit merupakan Panjar nantinya akan digenapi pada pembayaran tahap 2 nanti, yakni bagi peraih medali emas akan ditambah 6 juta, medali Perak 3 juta dan medali perunggu 1,5 juta.


"Sepengetahuan saya, soal bonus atlit dalam setiap ajang kejuaraan termasuk PORPROV pasti berbeda, semua tergantung pada kondisi keuangan daerah masing-masing," tandas sambul sambil menegaskan pembayaran bonus tahap pertama lalu akan digenapi pada pembayaran tahap kedua yang akan di usulkan pada  APBD perubahan tahun 2023 ini.


Sebelumnya, Bupati Minut Joune Ganda SE MAP, MM, MSi menyerahkan bonus bagi para atlit dan pelatih yang berhasil meraih medali pada ajang Porprov XI Sulut lalu, di Hotel The Sentra Maumbi, Rabu (28/12/22) lalu.


Diketahui, dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulut XI 2022 yang dihelat pada 14-21 November 2022 di Bolaang Mongondow. Kontingen Minut berhasil mendulang 164 medali yang terdiri 53 emas, 51 perak, dan 60 perunggu.


Adapun penyerahan bonus kepada 298 atlet peraih medali diberikan secara simbolis, untuk peraih medali emas Rp 10 juta, medali perak Rp 5 juta dan peraih perunggu Rp. 2.5 juta.


Dalam kesempatan itu, Bupati Joune Ganda menyampaikan, pada laga Porprov XI Sulut 2022 yang digelar di Kabupaten Bolaang Mongondouw menjadi sejarah baru bagi Kabupaten Minahasa Utara.


“Patut torang banggakan, dimana prestasi kita capai pada Porprov XI adalah catatan sejarah baru bagi Kabupaten Minahasa Utara, karena selama ada ajang tersebut ini adalah capaian tertinggi kita berada di peringkat ke 2 Porpov XI Sulut 2022, ” ujar Bupati Joune Ganda yang saat itu didampingi Kadispora Audy Sambul dan Sekretaris Johan Mewengkang.(*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.