Header Ads

Badan Akreditasi Nasional Lakukan Penilaian di PAUD KB Tumou Tou Desa Boyong


Minsel, ESC - Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) KB Tumou Tou Desa Boyong Atas hari ini dinilai Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan pendidikan non formal Provinsi Sulawesi Utara yang bertempat di BPU Desa, Senin (31/07/2023).


Akreditasi PAUD dan PNF adalah suatu kegiatan penilaian kelayakan program dan satuan PAUD dan PNF berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk memberikan penjaminan mutu pendidikan. Salah satu tujuan akreditasi adalah meningkatkan mutu lembaga dalam hal ini lembaga PAUD. 


Akreditasi harus memenuhi 8 Standar Nasional. Ada 8 Standar Nasional PAUD meliputi Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan dan Standar Pembiayaan. Kini, Akreditasi minimal B juga menjadi syarat sebagai lembaga yang akan menjadi penerima DAK Fisik Paud dan PNF.


Tim penilai Ibu Zusye Kewas menjelaskan bahwa untuk mendapatkan Akreditasi PAUD semua ini harus dinilai dari berbagai hal, salah satunya dari tenaga Pengajar.


"Penilaian ini dari Kualitas kelayakan standar nasional pendidikan, kemampuan guru kegiatan, dan pembentukan fisik motorik sosial emosional motorik kasar dan halus," ungkap Kewas.


Hukum Tua Desa Boyong Olivia Modigir juga sangat senang dan memberikan apresiasi kepada Paud yg ada di desanya karena hari ini boleh dinilai oleh Badan Akreditasi Nasional PAUD.


"Mudah mudahan Paud KB Tumou Tou di Desa Boyong Atas boleh mendapatkan Akreditasi, karena selain itu tenaga pengajar dan anak didik bisa mendapatkan banyak manfaat akan pentingnya kurikulum merdeka belajar," ucap Modigir.


Hasil akreditasi, menjadi panduan bagi satuan pendidikan untuk merefleksi proses pembelajaran dan merencanakan programnya ke depan. Rekomendasi dari hasil akreditasi bisa menjadi referensi satuan pendidikan untuk merencanakan program yang berbasis data.


Hasil akreditasi ini sangat membantu satuan pendidikan karena untuk jenjang PAUD khususnya sampai saat ini belum ada sistem evaluasi seperti Asesmen Nasional.(Steven Paat)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.