Header Ads

Launching Sistem Aplikasi e-Devplan, GSVL Harap Pelayanan Masyarakat Lebih Mudah, Lancar dan Memberi Kepastian

Manado, BLITZ--Hadirnya sistem aplikasi Elektronik Development Planing Annual (e-Devplan) merupakan bentuk koordinasi dan sinkronisasi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam menunjang pelayanan kepada masyarakat berbasis informasi teknologi (IT), mendapat respon positif Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA.

Sistem aplikasi e-Devplan yang digagas Badan Perencanaan Pembangujan Daerah (Bappeda) Kota Manado, menurut Walikota GSVL, dapat memicu semangat SKPD dilingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Manado untuk mampu berinovasi dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat.


"Lewat terobosan yang dilakukan teman-teman di Bappeda ini, saya ajak seluruh jajaran pemerintah Kota Manado agar tidak berpuas diri, tetapi bisa membuka ruang seluas-luasnya untuk SKPD berkreasi di bidang tugas masing-masing," tandas Walikota GSVL, saat melakukan launching Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPPD)/e-Devplan, di ruang pertemuan Sintesa Peninsula Hotel, Rabu (9/11) pagi tadi. 

Dikatakan orang nomor satu di Manado itu, dengan hadirnya sistem aplikasi e-Devplan diharapkan akan lebih mempermudah, melancarkan serta memberikan kepastian pelayanan kepada masyarakat yang lebih optimal. 

"Terobosan ini kiranya bisa memberikan dampak yang sangat baik dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih transparan. Sehingga, teknologi ini akan mampu memberantas bentuk-bentuk pungutan yang merugikan kita bersama sesuai semangat yang ditunjukan Rresiden Joko Widodo,"tandas Walikota GSVL.

Lebih jauh Walikota mengingatkan SKPD untuk saling menopang dan mendukung inovasi yang dilahirkan. Jangan ada yang saling menjatuhkan. 

"Program Presiden Pak jokowi tentang Revolusi Mental harus kita dukung. Kalau ada teman yang mampu berinovasi, mari kita support jangan diganjal. Tinggalkan pola seperti ini untuk menuju kota yang semakin kompetitif,"tukas Walikota GSVL.

Dalam kesempatan itu, dilakukan panandatanganan komitmen SKPD dalam bentuk Pakta Integritas untuk mendukung sistem aplikasi e-Devplan.

"Tadi ada tekad dan komitmen yang telah ditandatangani para kepala SKPD untuk menjalankan e-Devplan. Sistem ini bagus tapi jauh lebih baguis jika yang menjalankan sistem ini mau berkomitmen untuk menjalankannya demi kemajuan Kota Manado," pungkas Walikota. 

Untuk mendukung sistem aplikasi e-Devplan, Bappeda Manado menggandeng kalangan akademisi dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Tampak hadir para kepala SKPD, Camat dan Lurah se-Kota Manado. 

Usai launching dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait e-Devplan yang diikuti operator SKPD dilingkup Pemkot Manado.


Penulis: Khristian 'Pra' Pratasik

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.