Header Ads

Walikota GSVL Tandatangani MoU Pembangunan TPA 3R Kelurahan

 

Walikota Manado GS Vicky Lumentut saat melakukan penandatanganan MOU.(foto:ist)

Manado, BLITZ--PEMERINTAH pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia, menaruh perhatian besar terhadap program pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dibawah kepemimpinan Walikota DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE.

Buktinya, Walikota GSVL bersama beberapa Bupati dan Walikota, diundang Kementerian PUPR untuk menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanjian Kerjasama infrastruktur berbasis masyarakat dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya PLP, bertempat di Sanur Paradise Bali, Selasa (23/05) siang tadi.

 

 

 

Penandatanganan MoU tersebut terkait respon pemerintah pusat atas usulan Pemkot Manado untuk membangun Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R (Reduce, Reuse, Recycle) pada 87 kelurahan di Kota Manado. “Hari ini di Bali, saya diundang Kementerian PUPR Republik Indonesia untuk menandatangi MoU dengan Dirjen Cipta Karya. Usulan kami pemerintah Kota Manado menyangkut pembangunan TPS 3R di kelurahan-kelurahan yang ada di Kota Manado telah mendapat persetujuan pemerintah pusat lewat Kementerian PUPR,” jelas Walikota GSVL.

 

 

 

Lanjut dikatakan, pembangunan TPS 3R ini dilakukan untuk membantu penyelesaian masalah sampah di Kota Manado. Dimana, pasca terjadinya banjir bandang di Kota Manado pada 15 Januari 2014 lalu, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo, Kecamatan Tuminting, tidak mampu lagi menampung sampah dari rumah-rumah warga.

 

“Akibat jumlah sampah yang banyak dari masyarakat Kota Manado termasuk dari luar Manado, sehingga TPA kita tidak mampu lagi menampung. Sekarang ini, di TPA Sumompo tidak lagi lembah tetapi sudah berbentuk bukit. Ini juga terjadi karena pada tahun 2014 lalu, saat terjadi banjir bandang, seluruh sampah sisa material banjir semuanya dibawa ke sana, sehingga menyebabkan over kapasitas di TPA Sumompo,” jelas Walikota dua periode itu. 

 

 

 

Dirinya berharap, dengan bantuan yang diberikan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR, dapat dimanfaatkan dengan baik untuk membangun TPS 3R kelurahan. “Saya juga berharap, masyarakat Kota Manado bisa ikut membantu menjaga kebersihan serta mendukung rencana pembangunan TPS 3R,” tandasnya.

 

 

DeWa

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.