Header Ads

GSVL Launcing Kegiatan Dalam Rangka Hut Kota Manado ke 394

 

Walikota Manado GS Vicky Lumentut saat melepas tumpukan balon sebagai tanda dimulainya kegiatan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-394 Kota Manado, dilaksanakan di lapangan Sparta Tikala Manado, Jumat (16/06) pagi tadi.(ist)

 

Manado, BLITZ--Jalan sehat dan senam bersama jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Manado yang mengawali launching kegiatan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-394 Kota Manado, dilaksanakan di lapangan Sparta Tikala Manado, Jumat (16/06) pagi tadi. 

Kegiatan yang berlangsung sederhana namun meriah itu, dihadiri Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Drs Rum Dj Usulu, para Asisten serta pejabat kepala Perangkat Daerah, Camat serta lurah se-Kota Manado. Dalam laporannya, Ketua Panitia HUT ke-394 Kota Manado, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Micler CS Lakat SH MH, mengatakan berbagai kegiatan lomba akan digelar. Diantaranya, lomba kebersihan, lomba Pos Kamling, lomba Mars Komitmen 953, pemilihan Pegawai teladan, pemilihan sopir angkutan kota teladan dan sebagainya. 

Selain itu, ada kegiatan Pasar Murah, Bakti Sosial serta puncaknya akan dilaksanakan upacara bendera dan rapat paripurna istimewa DPRD Manado. “Tema yang diangkat dalam perayaan HUT ke-394 Kota Manado adalah Bersama Membangun Manado. 

Sedangkan, untuk kegiatan jalan sehat dan senam jantung sehat ini adalah bagian dari kegiatan kami, kami mohon kesediaan Pak Walikota untuk melaunching kegiatan-kegiatan dalam rangka HUT Kota Manado tahun 2017,” ujar Lakat, diiyakan Sekretaris Panitia Kepala Bagian Pemerintahan dan Humas Steven Runtuwene SSos. 

Sementara itu, Walikota GSVL dalam sambutannya memberi apresiasi terhadap kinerja Panitia Pelaksana yang telah menyiapkan serangkaian kegiatan sampai puncak perayaan tanggal 14 Juli 2017 nanti. “Terima kasih saya kepada Panitia yang telah menyiapkan kegiatan-kegiatan dalam rangka HUT ke-394 Kota Manado. 

Saya berharap, kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya ramai di seputaran kantor Walikota atau kita-kita yang ada di Pemkot Manado, tetapi juga dapat dirasakan kemeriahanya sampai ke kelurahan dan lingkungan-lingkungan,” tukas Walikota dua periode itu. 

Lanjut dikatakan, kebersihan harus menjadi perhatian bersama. Karena sebagai kota pariwisata hal itu sangat penting. Sehingga, tidak hanya tugas pemerintah tetapi harus melibatkan masyarakat dalam upaya membersihkan kota. “Lomba kebersihan sangat baik, harus sampai ke lingkungan. Saya mengingatkan kembali, untuk menjaga lingkungan tetap bersih. Karena dua minggu belakangan ini, Manado mendapat perhatian serius tentang kebersihan. 

Waktu saya di Perancis, mereka mengatakan supaya orang mau datang di Manado, ada tiga hal yang harus diperhatikan yakni keamanan, kebersihan dan ketersediaan air bilas,” tukas Walikota GSVL. Selain itu pula, faktor kewaspadaan terhadap masuknya gerakan teroris ISIS ke Sulawesi Utara (Sulut) harus menjadi perhatian bersama. 

Apalagi, dari informasi yang berkembang, gerakan ISIS mulai mendapat tekanan, sehingga mereka menggunakan strategi berpindah tempat. Sebelumnya di Suriah, kemudian sasaran berikutnya Poso dan Marawi Filipina. “Sekarang ini, karena mereka mendapat tekanan dari militer Filipina di Marawi, tidak menutup kemungkinan mereka mencari tempat yang baru, dan bisa saja mereka masuk ke Sulut dan Manado. Mereka seperti balon, ditekan di satu tempat akan muncul ditempat yang lain. Mari, kita jaga bersama lingkungan kita. Aktifkan Pos Kamling. Karena tugas menjaga keamanan bukan hanya tugas polisi dan tentara, tetapi tugas kita bersama,” tandasnya. 

Walikota GSVL meminta setiap lingkungan untuk menyiapkan buku tamu. Siapapun yang masuk di wilayah lingkungan masing-masing harus mengisi buku tamu. Terkait pengelolaan Taman Nasional Bunaken khususnya kawasan Pulau Bunaken, Manado Tua dan Siladen, Walikota GSVL mengaku sangat bersyukur karena pengelolaannya akan diserahkan ke daerah. 

“Kita bersyukur, perjuangan kita dengan Pak Gubernur agar Taman Nasional Bunaken diserahkan ke daerah, akan segera terwujud. Rapat dengan Pak Menko Kemaritiman, Pak Luhut Panjaitan, beberapa hari lalu telah mengisyaratkan tentang diterimanya usulan Pak Gubernur. Ini adalah peluang sekaligus tantangan bagi kita,” tukas Walikota GSVL.

Dalam kesempatan itu, Walikota GSVL melepas balon udara sebagai tanda dimulainya kegiatan-kegiatan dalam rangka HUT ke-394 Kota Manado tahun 2017. Selain jalan sehat dan senam jantung sehat, juga dilaksanakan kegiatan Donor Darah yang diikuti ratusan pegawai yang ada.

Juan Lukas

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.