Header Ads

Kompak Panwaslu, Forkopimda, Paslon Deklarasi Tolak Politik Uang Dan SARA


Minahasa,BLITZ-Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Minahasa menggelar Sosialisasi Pengawasan Kampanye Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Minahasa Tahun 2018.

Dalam sambutannya Ketua Panwaslu Minahasa Donny Rumagit mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan serentak oleh Bawaslu diseluruh daerah yang melaksanakan Pemilukada. Pasalnya Panwaslu, Forkopimda, Paslon Deklarasi Tolak Politik Uang Dan SARA ini menjadi Index kerawanan yang masuk dalam kategori sedang Panwaslu Minahasa.


" Terima kasih atas keseiapan dan kesediaanya secara bersama dalam menolak Politik uang dan Politisasi SARA dalam Kampanye yang akan dimulai besok  15 Februari 2018.Undang-undang sudah sangat jelas kami punya kewenangan sebagai pengawas dapat membatalkan Paslon jika kedapatan melakukan pelanggaran Administratif," kata Rumagit

Salah satu masalah krusial dan momok yang menonjol lanjut Rumagit, dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) adalah Politik uang dan Mobilisasi ASN.


" Hari ini adalah peringatan Peristiwa Merah Putih Pada 14 Februari 1946 yang dilakukan oleh para pejuang melawan para penjajah, bahkan hari ini juga sebagai peringatan Hari Kasih sayang. Kami berharap dalam momentum Deklarasi ini, kiranya dapat berjalan tanpa Politik uang dan Politisasi sara," jelas Rumagit

Sementara Itu Kapolres Minahasa AKBP Christ Reinhard Pusung. SIK mengatakan, Apa yang sudah menjadi ketentuan mari kita lakukan, dan jangan coba-coba diindahkan.

" Kami pihak kepolisian dengan perangkat-perangkat yang ada saat ini, tidak membanggakan diri namun dapat  mengantisipasi segala jenis pelanggaran. Polres Minahasa saat ini memiliki satgas anti Money Politik (MOP) dan Patroli Cyber," ujar Pusung sembari mengigatkan agar sedapat mungkin menghindari pelanggaran.


Terpisah, Kajari Minahasa Saptana Setyabudi. SH. MH mengatakan, tentunya kami dari kejaksaan berada dalam Sentra GAKUMDU berpesan agar Proses tahapan kampanye dalam Pemilukada dapat berjalan dengan baik dan tidak melakukan pekanggaran.

"Kiranya Parpol dan Tim pemenangan Paslon untuk mendukung tanpa melakukan Politik uang dan Politisasi Sara. Saya yakin dengan masyarakat Minahasa yang memiliki rasa persaudaraan  tinggi dapat menciptakan Proses kampanye yang aman dan damai. Di Minahasa selama ini, saya bertugas merasakan hal yang baik dikarenakan masyarakat yang memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi. Jadi dengan ini kami berharap Pilkada ini dapat berjalan dengan aman," ungkap Kajari

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Panwaslu Minahasa Donny Rumagit, Anggota Panwas, Rendy Umboh, Erwin Sumampouw, Kapolres Minahasa AKBP Christ Reinhard Pusung, Kajari Minahasa Saptana Setyabudi.SH. MH, Paslon Nomor Urut 1Bersatu, Paslon Nomor urut 2 ROR-RD, Parpol, Tim Pemenangan, serta Peserta dari unsur Mahasiswa.




Willy Tentero

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.