Header Ads

KPU Minahasa Sukses Gelar Deklarasi Kampanye Damai


Paslon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa saat membacakan deklarasi Kampanye Damai.(ist)

Minahasa, BLITZ-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa, menggelar Deklarasi Kampanye Damai Serentak Nasional yang berpusat di Taman God Bless (red, Lapangan Sam Ratulangi) Minggu (18/2).

Kegiatan itu diawali dengan, Sambutan Ketua KPU Minahasa Meydi Y Tinangon. SSi.Msi yang diwakili Ketua Divisi Hukum Kristoforus Ngantung Dalam Sambutannya mengatakan, minta maaf karena kesempatan saat ini Ketua Kami belum berkesempatan hadir dikarenakan sakit.


Tag line dan Tema Pilkada 2018  adalah, Pemilih berdaulat Negara kuat dan dipakai di 171 daerah.

" Tagline Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018, yakni Pemilih Berdaulat Negara Kuat. ini dipilih atas dua filosofi, yakni pertama, pemilih adalah rakyat, dan rakyat adalah pemilik kedaulatan. Pemilu atau pilkada diharapkan memperkokoh kesatuan dan persatuan bangsa, saya meyakini sesungguh-sungguhnya filosofi ini tanpa membeda-bedakan Agama, suku, dan ras," kata Ngantung.


Hari ini kita diajak Lanjut Ngantung, untuk menjadi mata dan telinga untuk melihat dan mendengar ikrar Kampanye. Mari kita bersama mensukseskan Pilkada Minahasa 2018 yang diharapkan pada akhirnya bermuara menuju kepada pemilihan yang Kredibel dan damai.

" Karena itu saya menyambut dengan baik dengan hati yang lapang kehadiran kita semua, kiranya Tuhan memberkati kita semua.salam payangka," ujar Ngantung.


Dikesempatan yang sama, Ketua Panwaslu Minahasa Donny Rumagit, dalam orasinya mengatakan, patut bersyukur kepada Tuhan sehingga dapat dikumpulkam ditempat ini untuk dapat melaksanakan kampanye yang aman dan damai.

Rumagit meminta kepada Paslon untuk dapat mematuhi aturan seperti, tidak memasang Alat Peraga Kampanye (APK) namun masih tidak dipatuhi, untuk itu dihimbau untuk memperingati pendukungnya.

"Hentikan hoax, hentikan Politik Uang, mari santun berkampanye dan menyatakan pendapat, jangan menyebarkan berita hoax karna dapat dipidana 6 tahun atau menjanjikan atau memberikan uang akan dipidana 3 sampai 6 tahun penjara dan denda sampai 200 juta rupiah, jika terbukti maka akan Paslon dapat didiskualifikasi. Mari sama sama wujudkan pemilu yang bersih dan berintegritas," tegasnya.


Ditambahnya, Elemen masyarakat diminta berpartisipasi aktif dalam mengawasi Pilkada, sehingga dapat berjalan aman, damai dan bersih, kredibel dan tidak ada kecurangan.

Sambutaan KPU Sulut oleh Vivi George, mengajak untuk sukseskan Pilkada di Minahasa," mari berkampanye sampai 23 juni mendatang, setelah memasuki masa tenang, pastikan 27 juni 2018 berada di TPS," pintanya.

Kegiatan dilanjutkan pembacaan ikrar dan penandatanganan Deklarasi Kampanye Damai, pelepasan balon dan burung merpati, serta Roadshow yang dilepas oleh Mewakili Bupati Minahasa Sekda Jeffry Korengkeng SH MSi, dan Komisioner KPU Dicky Paseki SH MH.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota Komisioner KPU Kristoforus Ngantung. S.fils, Dra. Wisje Willar. Msi, Lord A Ch Malonda. SPd, Meidy Malonda, Ketua Bawaslu Minahasa Donny Rumagit Anggota Panwaslu Rendy Umboh, Kapolresta Manado, Kapolres Minahasa AKBP Christ Reinhard Pusung. SIK, Wakapolres Minahasa Alkad Karouw, Wakapolres Tomohon Kompol Joice Wowor, Dandim 1302 Letkol Inf. Joubert Nixen Purnama. STH, Sekdakab minahasa Jeffry Robby Korengkeng.SH.Msi, Asisten 1 Pemkab Minahasa Dr. Denny Mangala. Msi, Paslon Nomor Urut 1 Ivan Sarundajang dan Careigh Naichel Runtu (Bersatu), Paslon Nomor urut 2 Royke Octavian Roring dan Robby Dondokambey (R3D), Toko Agama, Toko Masyarakat,Tim Pemenangan, serta masyarakat yanh hadir.






Willy Tentero
block ID 8794 : editorialsulut.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.