Header Ads

Kemiskinan Talaud Berkurang, Manalip: Itu yang Ingin Saya Lakukan

Bupati Sri Wahyumi Manalip SE dalam sejumlah kesempatan.(istimewa)




Manado, BLITZ--Program Pemkab Talaud terus digenjot.

Dikatakan Bupati Sri Wahyumi Manalip SE, tidak hanya bantuan pertanian sejumlah bantuan bagi masyarakat di sektor kelautan dan perikanan dan bidang lainnya, juga kepada kelompok UKM dan koperasi, telah memberikan kontribusi positif demi penurunan angka kemiskinan.

“Intinya pemkab terus berupaya mensejaterahkan rakyat. Pemerintah tentu akan sangat senang jika dengan bantuan tersebut, pendapatan warga Talaud dapat meningkat. Itulah yang ingin saya lakukan selalu. Kesejahteraan masyarakat meningkat, angka kemiskinan menurun," ujar Bupati Talaud Sri Wahyumi  Manalip.


Sebelumnya, data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kepulauan Talaud, jumlah penduduk miskin tahun 2017 ada 8.840 jiwa. Dengan pendapatan perkapita/bulan sekira Rp 257 ribu.

Angka ini menurun dibanding tahun sebelumnya, yang terdata 9.220 jiwa penduduk miskin, dengan pendapatan perkapita sekira Rp 246 ribu.

“Penduduk miskin di Talaud berkurang sebanyak 380 jiwa. Pendapatan warga juga meningkat. Artinya terjadi penurunan 0.38 persen,” ujar Staf Sosial BPS Frisca Saragih.

Turunnya angka kemiskinan menurutnya banyaknya bantuan sosial (bansos) dan bantuan lain, yang diberikan kepada kelompok masyarakat sepanjang tahun 2017.

“Berdasarkan pantauan kami. 2017, pemkab gencar menyalurkan bantuan kepada masyarakat miskin. Contohnya di bidang pertanian ada bantuan alat dan fasilitas penunjang lainnya untuk petani,” tutur Saragi, sembari menyebutkan bantuan peralatan yang diberikan berpengaruh pada tingkat produksi dan kesejahteraan warga penerima bantuan. “Distribusi raskin juga yang lancar di tahun 2017, mempengaruhi peningkatan kesejahteraan atau turunnya kemiskinan,” sambung Saragih.





Den-Dala

block ID 8794 : editorialsulut.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.