Header Ads

Diresmikan Langsung Ketua MA RI, 85 Pengadilan Resmi Beroperasi

Sambutan oleh Ketua MA Prof.DR.H.M. Hatta Ali, SH, MH.(foto:istimewa)

Melonguane, BLITZ--85 pengadilan di tiga peradilan Indonesia diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung Prof DR H. M Hatta Ali, SH MH, secara simbolis di Melonguane, Senin (22/10) siang.

Disampaikan dalam sambutannya, Ketua Mahkamah Agung mengatakan dipilihnya Kabupaten Kepulauan Talaud sebagai lokasi pengresmian memiliki nilai strategis dalam menghadirkan hukum dan peradilan bagi para pencari keadilan di seluruh wilayah Republik Indonesia.

"Sebagai Kabupaten terluar dimana salah satu wilayahnya yakni Pulau Miangas letaknya adalah yang paling utara NKRI dan berbatasan langsung dengan negara tetangga Piliphina, kehadiran pengadilan negeri Melonguane menjadi jawaban bagi para pencari keadilan, termasuk di seluruh pengadilan yang diresmikan dan dimulaikan operasionalnya pada hari ini," ungkap Ketua MA.

Seremonial pengresmian.


Disisi lain, Ketua MA memberikan apresiasi atas hibah lahan yang diberikan baik oleh Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Manalip SE untuk lahan kantor pengadilan negeri Melonguane, maupun kepada Gubernur Sulut Oli Dondokambey SE yang juga menghibahkan lahan bagi pembangunan fasilitas pendidikan hukum di wilayah timur Indonesia.


"Ini bagaikan gayung bersambut. Mahkamah Agung berkeinginan membangun sarana pendidikan hukum untuk wilayah timur Indonesia dan Gubernur Sulut langsung menjanjikan hibah lahannya," ucap Ketua MA.

Adapun 85 pengadilan yang diresmikan terdiri atas 30 Pengadilan Negeri, 50 Pengadilan Agama dan 2 Pengadilan TUN, yang seluruh ketua pengadilan beserta hakimnya hadir dalam pengresmian pada hari ini.




Mendahului sambutan sekaligus pengresmian 85 pengadilan oleh Ketua Mahkamah Agung, secara berturut-turut acara diawali dengan ucapan selamat datang oleh Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Manalip SE, Sekretaris Mahkamah Agung A.S Pudjoharsoyo selaku ketua panitia dan Gubernur Sulut Oli Dondokambey.


Dimana dalam sambutannya, Gubernur Sulut menyampaikan apresiasi atas dipilihnya Provinsi Sulut terlebih khusus Kabupaten Kepulauan Talaud sebagai lokasi pengresmian 85 pengadilan seluruh Indonesia.


"Barangkali ada latar belakang histori atas pemilihan Provinsi Sulut sebagai lokasi pengresmian. Tetapi kami menyampaikan apresiasi kepada Mahkamah Agung atas terselenggaranya acara hari ini.


Acara pengresmian diakhiri dengan peletakan batu dasar pembangunan kantor Pengadilan Negri Melonguane di atas lahan seluas seribu meter persegi yang dihibahkan Pemkab Kepulauan Talaud.





Den-Dala
block ID 8794 : editorialsulut.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.