Header Ads

Komisi III DPRD Manado Geram, Pemkot Abaikan Undangan Hearing



Manado Editorialsulut.com, - Komisi III DPRD Manado, dibuat geram dengan ulah Kepala Bagian Pelayanan Pengadaan, yang tak kunjung membawa data tentang pengadaan insinerator yang hanya dilakukan dengan cara penunjukan langsung (PL), padahal anggaran mencapai belasan miliar.

Pimpinan maupun anggota komisi III DPRD Manado itu, kesal dengan sikap pemerintah yang tak menghargai undangan komisi dan membuat masyarakat meragukan kinerja DPRD.

Ketua komisi III, Ronni Makawata, Wakil Lily Binti, Sekertaris Royke Anter dan personel Komisi, Jurani Rurubua, mempertanyakan ketidakhadiran pejabat eselon tiga tersebut.

"Padahal saat hearing pertama, ULP berjanji akan membawa semua data kenapa Lelang proyek incinerator itu gagal, namun sampai tiga  Minggu menunggu, nihil, semua data tidak pernah di kirim kepada kami komisi III DPRD kota Manado," kata Makawata.

Dia mengatakan saat hearing Jumat kemarin, hanya kadis LH yang hadir, itupun hanya sebentar, sedangkan lainnya seperti Kepala Inspektorat Manado, Kepala badan keuangan dan aset pemerintah kota Manado, kepala bagian hukum dan Kabag ULP tidak ada.

Hal tersebut katanya membuat mereka kesal, padahal menurutnya komisi III hanya ingin mendengarkan penjelasan resmi dari ULP dasar hukum sampai pengadaan tersebut di-PL oleh dinas lingkungan hidup.

"Kami hanya ingin tau, kenapa proyek sebesar Rp11,5 miliar  itu bisa hanya di PL, jika alasannya bahwa alat yg dibutuhkan itu sangat Urgent, kenapa  sampai sekarang tidak digunakan bahkan listrik tidak ada," katanya.

Sedangkan wakil ketua, Lily Binti, menyayangkan hanya sampai di uji coba saja, karena menunjukan indikasi bahwa barang tidak urgen.

"Sampai sekarang belum ada listrik, artinya barang itu belum urgen, walaupun dikatakan urgen tetapi sebenarnya belum, sebab aneh kalau dianggap penting namun belum dioperasikan," katanya.

Sedangkan personel komisi III, Jurani Rurubua, mempertanyakan dampak dari operasional insinerator itu, karena ada pemerhati lingkungan yang datang dan menyampaikan kekhawatirannya tentang dampak buruk dari asap insinrator yang bisa menyebabkan kemandulan.
(Dims)
block ID 8794 : editorialsulut.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.