Header Ads

Bakamla ZMTh Ikut Berupaya Lawan Penyebaran COVID - 19


Kapal laut Bakamla ZMth

Manado, Editorialsulut.com- Ancaman COVID-19, membuat semua pihak bergerak melawan penyebaran virus berbahaya tersebut, termasuk
Bakamla Zona Maritim Tengah (ZMTh).

Bakamla ZMTh, meningkatkan pengawasan terhadap personel sebagai tindakan preventif penyebaran COVID-19, Rabu, 1 April 2020.


Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Laksma Bakamla Drs. Leonidas Braksan, M.M menjawab pertanyaan seputar upaya penanganan COVID 19 oleh kantor yang dipimpinnya itu. 

"Satu cara yang dilakukan oleh personel Bakamla ZMTh yakni dengan melakukan pemeriksaan suhu permukaan tubuh personel dengan menggunakan thermal scanner dan check up kesehatan para personel Pangkalan Kapal Patroli, ABK KN Singa Laut-402, ABK KN Gajah Laut-404, Bakamla ZMTh yang dilaksanakan secara rutin setiap Selasa dan Kamis," katanya.


Dia mengatakan, selain pemeriksaan kesehatan Bakamla ZMTh  melaksanakan penyemprotan disinfektan di seluruh kantor di bawah jajaran Zona Tengah, diantaranya Stasiun Bumi Bitung, Stasiun Pemantau Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Bitung, Pos Kamla Tumumpa,  Pangkalan Kapal Patroli Serei beserta Kapal KN Singa Laut-402 dan KN Gajah Laut-404.

"Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan atas kerjasama dengan Bakamla Zona Maritim Tengah dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara," katanya.

Karena itu, Laksma Leonidas Braksan menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara atas sinerginya dalam pencegahan COVID-19.



Dia mengatakan, terkait peran Bakamla dalam menangani perihal merebaknya wabah COVID-19, dari
hasil teleconfrence dengan para pejabat Bakamla di Mabes dengan para Kepala Kantor Zona dan para komandan kapal negara (KN), menyampaikan arahan Kabakamla terkait pengamanan  'pelabuhan tikus', khususnya yang memiliki akses dengan Indonesia dan Malaysia yang menrupakan wilayah operasi Bakamla ZMTh.

Koordinator Kesehatan Bakamla ZMTh  yang juga menjabat Kasubag TU Pangkalan Armada Serei, Letkol Bakamla Semly Manitik menyampaikan  detail kepada seluruh personel tentang virus Corona Covid-19.

"Seluruh personel Bakamla ZMTh  harus mampu mengidentifikasi, mencegah, mengaplikasikan protokol kesehatan yang baik, mengaplikasikan aturan jaga jarak sosial dalam interaksi sehari-hari, serta mengetahui tata cara penggunaan disinfectant maupun cara penyemprotannya" ujar mantan Kadiskes Lantamal VII Kupang. (***/Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.