Header Ads

Bawaslu Sulut Gelar Sekolah Baku Bikin Pande Secara Daring




Manado,Editorialsulut.com – Sekolah baku bekeng Pande kembali digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara secara daring, Rabu (27/5/2020).

Kali ini program dipandu staf divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Bawaslu Provinsi Sulut yang membahas tuntas mekanisme penyelesaian sengketa pemilihan, dengan peserta tidak hanya pimpinan serta staf divisi SDMO, namun juga beberapa pimpinan divisi lainnya.

Anggota Bawaslu Provinsi Sulut Supriyadi Pangellu memberikan arahan kepada peserta rapat tentang kedudukan dan status hukum dari Perbawaslu, yang mana menjadi acuan atau pedoman di jajaran Bawaslu di Sulut dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan dan terlebih khusus dalam penyelesaian sengketa proses pilkada.

“Dalam proses mediasi dan adjudikasi, diharapkan Bawaslu Kabupaten/Kota sebagai penyelenggara pemilu memiliki kemampuan yang mumpuni dan kepercayaan diri sebagai majelis dalam menyelesaikan proses hukum kepemiluan,” pesan Pangellu.

Selanjutnya Ketua Bawaslu Kota Kotamobagu Musly Mokoginta membahas penyelesaian sengketa pada pelaksanaan pilkada secara umum, kemudian dilanjutkan dengan mekanisme pengawasan tahapan, dan penanganan pelanggaran serta bagaimana proses sengketa pemilihan di tengah pandemi COVID-19.

Hal itu ditambahkan Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda bahwa proses sengketa pemilihan kepala daerah ke depannya oleh jajaran Bawaslu Provinsi Sulut, agar dapat melibatkan staf di luar dari divisi HP3S Bawaslu di Kabupaten/Kota, khususnya yang melaksanakan Pilkada 2020.

“Untuk Bawaslu Kabupaten/Kota dalam menjalankan sidang sengketa proses pilkada, diharap dapat memperhatikan dan disiplin dalam mengambil keputusan hukum secara kelembagaan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan perbawaslu dalam pelaksanaannya,” kata Herwyn Malonda.

Herwyn mengingatkan keterlibatan aktif seluruh komisioner Bawaslu sehingga dapat saling melengkapi dan menambah wawasan terkait tugas–tugas kelembagaan Bawaslu menjelang Pilkada 2020.(Dims)
block ID 8794 : editorialsulut.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.