Header Ads

Rompas: KPU Manado Mulai Rekrut Panitia Pemutakhiran Data Pemilih


Komisioner KPU Manado, Sunday Rompas, ST, mengatakan pihaknya mulai merekrut panitia pemutahiran data pemilih (PPDP), yang akan bertugas bulan.

"Panitia pemutahiran data yang sedang direkrut berjumlah 979 orang sesuai dengan banyaknya TPS di Manado," kata Rompas, di ruang kerjanya.

Dia mengatakan yang akan direkrut nantinya, berusia maksimal  50 tahun, untuk bekerja selama sebulan.

Dia mengatakan, nantinya PPPD tersebut, akan memverifikasi data pemilih di TPS dimana dia ditugaskan, dan memastikan penduduk potensi pemilih yang berada di satu TPS.

Menurut Rompas, petugas pemutahiran data tersebut akan melakukan coklit data pemilih, yang sudah diterima oleh KPU dari pemerintah untuk dicocokan lagi apakah masih valid atau tidak lagi.

"Mereka akan melakukan Coklit data sekitar 400 sampai 500 pemilih di tiap TPS, dimana dari hasilnya nanti akan diketahui apakah pemilih yang bersangkutan masih, atau sudah pindah domisili dan lainya," katanya.

Sebelumnya menurut Rompas, sesuai dengan ketentuan yang ada, 976 petugas tersebut akan menjadi rapid test untuk memastikan keamanan dan kesehatannya dalam melakukan Coklit data.

976 panitia pemutahiran data itu akan mulai bekerja  15 Juli nanti, dan sebelumnya akan mengikuti Bimtek.  (Dims)
block ID 8794 : editorialsulut.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.