Header Ads

Di Hari Proklamasi, Rocky Wowor Sambangi Rumah Panggung Mendur Bersaudara

Rocky Wowor bersender di bawah tugu Mendur bersaudara. (Foto Ist)



Editorialsulut.com, Sulut – Perayaan Hari Proklamasi Indonesia ke-75 direfleksikan beragam oleh seluruh individu di Nusantara. Ada yang melaksanakan upacara bendera, acara seremonial, lomba, ziarah, dan tidak sedikit yang mengunjungi situs sejarah, yang berkaitan dengan tokoh-tokoh penting pengawal kemerdekaan.

Seperti halnya yang dilakukan Rocky Wowor di Rumah Panggung Frans Sumarto Mendur dan Alexius Impurung Mendur, Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, Senin (17/8/2020).

Dalam kunjungannya, Rocky mengenang jasa dua kakak-beradik tersebut. Mereka menjadi satu-satunya insan pers yang berhasil mendokumentasikan, momentum pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan lensa kamera mereka.

“Pada 75 tahun yang lalu, Republik Indonesia diproklamirkan oleh Bung Karno dan Bung Hatta. Ada banyak tokoh penting dibalik proklamasi kemerdekaan, selain Bung Karno dan Bung Hatta. Termasuk dua wartawan asal Manado, yakni Frans Sumarto Mendur dan Alexius Impurung Mendur,” kilas Rocky.

Warisan Mendur bersaudara perlu diapresiasi lebih dan dikenang masyarakat NKRI. Karena, berkat karya foto jurnalistik yang mereka abadikan, generasi muda masa kini dapat gambaran jelas terhadap salah satu peristiwa sejarah penting Indonesia.

“Berkat jasa mendur bersaudara, generasi saat ini bisa menyaksikan foto-foto momentum proklamasi  di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta Pusat, pada 17 Agustus 1945 silam,” ungkap Ketua Fraksi PDIP di DPRD Sulut itu.

“Di antaranya, foto saat Soekarno membacakan naskah proklamasi dan Mohammad Hatta yang berdiri di sisi kiri,” tandas Rocky. (Jef)

block ID 8794 : editorialsulut.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.