Header Ads

Pers Mahasiswa Acta Diurna Menggelar HPN 2021 dengan Webinar

 


Manado,Editorialsulut.com- Menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2021, membuat Pers Mahasiswa Acta Diurna menggelar diskusi daring di Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Selasa (9/2/2021).


Organisasi yang bernaung di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado itu, ingin berbagi pemahaman kepada masyarakat soal dunia pers. Terlebih khusus di ranah pers Mahasiswa. Ini disampaikan Pimpunan Umum (PU) Acta Diurna, Brien Raintung.


“Tujuan utama pelaksanaan webinar ini untuk memberikan pemahaman kepada publik, masyarakat, dan teman-teman mahasiswa, terkait pers dan jurnalistik beserta tantangan di dalamnya. Ini dibagi dalam tiga materi, dengan tiga pembicara yang hebat. Tujuan tersebut sebagaimana tema yang kami usung pada webinar ini, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 9 Februari 2021,” ujarnya.


Kegiatan ini merupakan bentuk penghargaan Acta Diurna kepada insan pers. Brien menilai, sajian informasi yang selama ini diterbitkan pekerja media, berkontribusi besar terhadap pemenuhan informasi yang dibutuhkan masyarakat.


“Hal ini menjadi penting, karena kita sebagai sebagai warga negara selalu berhadapan dengan produk pers. Pemahaman tentang hal-hal yang terjadi di berbagai tempat, baik tingkat lokal, nasional, dan internasional, itu kita dapatkan informasi karena adanya pers, media, dan kegiatan jurnalistik. Yang mana memenuhi hak kita untuk mendapatkan informasi,” ucap mahasiswa semester 6 di Jurusan Pemerintahan itu.


“Sehingga, perlu bagi Acta Diurna untuk menggelar webinar ini. Supaya selain mengkonsumsi berita, kita juga bisa mengerti apa itu pers dan jurnalistik. Meskipun dengan waktu yang terbatas, tapi paling tidak kami melihat antusiasme dari peserta nampak dengan berbagai pertanyaan, yang mereka sampaikan saat sesi tanya jawab berlangsung,” tambah Brien.


Ia berkerinduan, agar di waktu mendatang lebih banyak masyarakat yang memperingati HPN. Juga lebih banyak masyarakat yang menghargai dan mengapresiasi kinerja awak media sebagai agen informasi.


“Semoga kegiatan yang telah dilaksanakan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan peserta, tentang salah satu bidang ilmu yang ada dalam kehidupan, yakni pers atau jurnalistik. Kiranya di kemudian hari, perayaan Hari Pers Nasional tidak hanya dirayakan oleh insan pers, oleh jurnalis, wartawan. Tetapi juga dirayakan oleh masyarakat secara umum, dalam rangka mengapresiasi dan menghargai peran pers dan perjuangan jurnalis yang sangat signifikan dalam kehidupan kita,” tutup Brien.


Webinar diikuti seratusan peserta, dengan menyajikan tiga materi utama. Pertama, materi “Apa Itu Pers dan Jurnalistik” oleh Dr. Leviane J. H. Lotulung, S.Sos, M.I.Kom (Kepala Program Studi Jurusan Ilmu Komunikasi Fispol Unsrat Manado). Kedua, materi “Tantangan Pers Mahasiswa” oleh Rezky Kumaat, S.IK (Pegiat Jurnalistik). Ketiga, materi “Jurnalisme Perempuan” oleh Jenetia N. Pangerapan, S.IK (Jurnalis TVRI Manado).


Diskusi berlangsung tepat waktu, interaktif, antara pembicara dan peserta. Kegiatan dimulai pukul 19.00 WITA sampai 20.50 WITA. Sertifikat elektronik pun disediakan Acta Diurna bagi seluruh pihak yang hadir via Zoom.




(Dims)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.