Header Ads

Stok Darah Minut Jomblang, Bupati Joune Ajak Masyarakat Donor Darah

 



MINUT, ESc--Ketersediaan Darah di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) terus menurun dibandingkan dengan jumlah permintaan.


Hal ini jadi perhatian serius di masa kepemimpinan Bupati Minut Joune Ganda SE dan Wakil Bupati Kevin William Lotulong.



Terbukti Pemerintah Kabupaten Minut bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Minut menggelar Bakti sosial Donor Darah yang digelar di Pendopo Kantor Bupati Minut Rabu (5/5/2021).


Bertemakan “Pemkab Minut Peduli Sesama” donor darah ini dikuti langsung Bupati Joune dan disaksikan Wakil bupati Kevin, Sekda serta Organisasi Perangkat Daerah yang ada.



Bupati Joune mengatakan memang kebutuhan stok darah di Minut semakin menipis akibat kebutuhan dan ketersediaan yang tidak seimbang.


"Kebutuhan darah darah yang tersedia jomblang (timpang). Permintaan banyak sementara stok kurang. Karenanya saya mengajak kita donorkan darah agar kebutuhan darah semakin bertambah," ujarnya.


Bukan hanya memenuhi stok darah, menurut pengusaha sukses ini, sering donor darah dapat meningkatkan imun tubuh.


"Kalau kita rajin donor darah kita akan semakin sehat. Dan disisi lain kita bisa menolong sesama," katanya yang diketahui juga sudah sering mendonorkan darahnya itu.


Sementara dr. Leivie Golioth Kepala Unit Transfusi Darah Minut kepada awak media mengatakan menggiatkan lagi bagi Pendonor darah, dimana sebelumnya sempat Vakum karena Pandemi Covid-19.


"Berhubung saat ini ada kepemimpinan yang baru, kami sudah audiensi dengan Bupati dan Wakil Bupati dan kemudian menggagas Bakti sosial ini untuk memenuhi akan ketersedian darah di Kabupaten Minahasa Utara,” jelasnya.


Ditambahkan, Kepala UTD PMI Minut Dr Levie Golioth berharap kerjasama seperti ini terus berlangsung agar para pasien nantinya, sudah tidak lagi membawa darah pengganti.


“Kantong-kantong darah yang dihasilkan oleh para sukarelawan ini, akan disuplai ke rumah sakit yang berada di Minut, seperti RSUD Walanda Maramis, RS Hermanan Lembean, RSU GMIM Tonsea,” terang Dr Golioth




DeWa



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.