Header Ads

Digelar hari ini, Bupati Joune Ganda bakal Sambut Peserta Festival Kolintang Minut Hebat 2021


MINUT, ESc--Bupati Kabupaten Minahasa Utara Joune J. E Ganda siap menyambut kedatangan peserta festival kolintang Minut hebat tahun 2021, yang akan mulai berlangsung Kamis (8/6/2021) hari ini. 


Melalui Tenaga Ahli Bupati (TAB) Bidang Komunikasi dan Informasi Publik Jemmy Karongkong, S.Sos M.Pd membenarkan hal tersebut.


Menurut Karongkong, sesuai informasi yang diinformasikan oleh panitia pelaksana, ada kurang lebih 50 peserta yang sudah mendaftar akan mengikuti festival. 


Karenanya, kehadiran peserta akan disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.


"Sebagai kepala daerah, pak Bupati sangat mendukung terlaksananya kegiatan ini. Apalagi, beliau (Bupati Joune Ganda) adalah ketua PINKAN Sulut. Dan mudah-mudahan tidak ada halangan ak bupati akan menyambut para peserta," ujarnya.


Lanjutnya, kegiatan ini sangat penting sebab kegiatan ini juga untuk mengangkat nilai budaya Minahasa seiring dengan visi dan misi pengembangan seni dan budaya.


"Juga untuk Eksistensi dan pengembangan kreativitas generasi muda dan menginspirasi sense of belonging atas musik kolintang. Menunjukkan kepada dunia bahwa musik kolintang di tanah Minahasa telah berkembang dan tetap digunakan," katanya.


Selain itu, kegiatan ini memberi edukasi sekaligus memperlebar ruang gerak seluruh masyarakat untuk mempraktekkan musik kolintang dalam kehidupan bersama Menegaskan filosofi orang Minahasa bahwa kolektivitas dalam permainan musik kolintang adalah salah satu cermin hidup orang Minahasa.


"Serta membuka cara pandang kita terhadap kekayaan yang ada dalam seni budaya Minahasa (antara lain musik kolintang). Memberi pemahaman yang mandalam tentang musik kolintang di tengah arus musik modern yang semakin berkembang, dan melihat bagaimana beberapa kemajuan dalam penggarapan musik kolintang," tegas Karongkong yang juga Sekretaris Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat Sulut.


Ketua Panitia Festival Kolintang Minut Hebat 2021, Dr. Jane Sangian, S.Pd M.Si kepada wartawan mengatakan, jika kesiapan panitia sudah rampung. Hingga malam ini, untuk lokasi dan alat musik Kolintang yang akan digunakan sudah ready. 


"Kesiapan sudah rampung. Kami panitia menyambut baik kedatangan peserta festival," ujarnya sembari mengajak pihak-pihak terkait untuk turut serta mensukseskan kegiatan nanti. 




TIM


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.