Header Ads

Penanganan Stunting, Desa Watutumou Edukasi 1000 HKP bagi ibu dan keluarga



MINUT, ESc--Pemerintah Desa (Pemdes) Watutumou bekerjasama dengan BKKBN melaksanakan Kegiatan Penanganan Stunting edukasi pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) bagi ibu dan keluarga, Selasa (29/6/2021).



Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Frans Lompoliu mengatakan, Peranan keluarga sebagai wahana utama dalam memberikan pengasuhan kepada anak, berperan penting untuk membangun karakter bangsa yang mulia. Keluarga dituntut mampu menciptakan lingkungan belajar yang positif. 


"Bermula dari keluarga, anak akan membentuk karakternya. Keluarga utamanya memainkan posisi penting di dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila dan 8 fungsi keluarga, mulai dari fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, serta fungsi pembinaan lingkungan," terang Lompoliu.




Ditempat yang sama, Hukum Tua Desa Watutumou Ir Sylvana Rotinsulu MSi mengatakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan orang tua yang memiliki balita dan anak melalui Kelas 1000 HPK.


"Kegiatan ini ditujukan kepada orangtua dan keluarga baduta (bawah dua tahun) yang membahas penguatan nilai-nilai untuk diterapkan dalam keluarga, mengoptimalkan pengasuhan anak, serta upaya mencapai ketahanan keluarga," jelasnya.




Dirinya berharap usai kegiatan pra ibu memiliki bekal yang cukup untuk tumbuh kembang anak yang optimal.


"Setelah kegiatan ini berlangsung diharapkan edukasi mengenai pengasuhan menjadi cara terbaik untuk membekali para orang tua agar memiliki kemampuan mengasuh dan membina anak dengan baik demi mencapai tumbuh kembang anak yang optimal," pungkasnya.




Penulis: DeWa


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.