Header Ads

Kelompok BKB dan PIK R Desa Watutumou Resmi Dilantik


MINUT, ESc--Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) serta Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R), Desa Watutumou resmi di lantik Hukum Tua Ir Sylvana Rotinsulu MSi, Selasa (7/9/2021).

Dibentuknya Kelompok BKB Desa Watutumou ini adalah sebagai wadah membina tumbuh kembang balita dan anak.

"Juga bertujuan untuk memberikan informasi kepada keluarga yang memiliki balita dan anak tentang tumbuh kembang dan pengasuhannya. BKB, yang merupakan wadah membina tumbuh kembang balita dan anak, yang pada akhirnya akan menghasilkan generasi emas untuk kemajuan bangsa dan negara," kata Kumtua Sylvana.

Lanjut Sylvana, untuk PIK R sendiri bertujuan memberikan informasi Pendewasaan Usia Perkawianan, Keterampilan Hidup (Life Skills) juga pelayanan konseling.

"Disamping itu, juga dikembangkan kegiatan-kegiatan lain yang khas dan sesuai minat dan kebutuhan remaja untuk mencapai Tegar Remaja dalam rangka  mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera," tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Beremcana Minahasa Utara Drs Sem Tirayoh mengatakan, untuk membentuk keluarga yang sejahterah keluarga harus mampu untuk merencanakan dan mengendalikan jumlah anak dalam keluarga.

"Jumlah anak dalam keluarga harus mampu di kendalikan dan di rencanakan. Mau lebih yang penting mampu, kalau tidak mampu jangan memaksakan diri. Sebab jangan nanti mau lebih malah jadi beban dalam keluarga. Untuk PIK R sesuai yel-yel ada 3 hal yang harus kosong. Pertama pernikahan dini minimal perempuan harus 21, laki harus 25 tahun. Kedua tolak free sex dan ketiga tolak narkoba. Sehingga bagi remaja harus tolak jika ada tawaran soal tiga hal itu. Bagi remaja juga harus fokus dengan apa yang ingin kita capai," jelasnya.

Untuk diketahui kegiatan ini diikuti dengan kader BKB dan PIK R, serta anggota. Hadir pula Kabid KSPK Keluarga Sejahterah Dan Pembangunan Keluarga Ibu Hellena Karundeng MAP bersama Penyuluh KB Kecamatan Kalawat Frans Lompiliuw yang membawakan materi. 

Disaksikam pula Seldes Desa Watutumou Marly Manewus BSSc, serta seluruh perangkat desa yang ada.




Penulis: DeWa



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.