Header Ads

Bimtek Desa Wisata, Adriana Dondokambey: Tumatenden Butuh Perhatian Serius Seluruh Stakeholder

Anggota DPR RI Komisi X Adriana Dondokambey.(ist)


MINUT, ESC--Bimbingan Teknis (Bimtek) pengembangan destinasi pariwisata di Desa Wisata Tumatanden Airmadidi, dilaksanakan Senin 21 Juni 2022.


Anggota DPR RI Komisi X Adriana Dondokambey dalam hadir dalam Bimtek tersebut.


Dia mengatakan, beberapa tahun lalu sektor pariwisata terus mengalami peningkatan yang cukup tajam dan signifikan.


Namun akibat adanya pandemi membuat sektor pariwisata kini mengalami gejolak dengan menurunnya wisatawan baik lokal maupun mancanegara.


"Dengan adanya pola hidup baru saat ini maka dibutuhkan tatanan baru di sektor pariwisata yang dapat membangkitkan semangat baru disektor pariwisata," katanya.



Kebutuhan tatanan baru yaitu desa wisata dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.


"Salah satunya Desa Wisata Tumatanden Airmadidi. Melihat kondisinya, Desa wisata Tumatanden ini dalam pengembangannya sangat membutuhkan stackholder lainnya agar dapat membantu terlaksanannya program dari Kememparekraf," katanya.


Ini menurutnya sejalan dengan tujuan pengembangan pariwisata. 


"Pemerintah mengembangkan desa wisata yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi, kesejahteraan rakyat, menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan alam dan sumberdaya alam," jelasnya.


Sembari menjelaskan Desa Wisata Tumatanden memiliki kisah konon sebagai lokasi tempat mandi sembilan bidadari yang turun dari kayangan. Dan satu bidadari tidak bisa kembali kekayangan karena selendang terbangnya hilang dicuri pemuda desa yang memergoki mereka sementara mandi di kolam mata air tersebut. Karena tidak bisa kembali lagi kekayangan bersama saudari-saudarinya maka sang bidadari itu tinggal dan didesa dan diperistri pemuda desa tersebut.


Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur pengembangan Destinasi II  Wawan Gunawan, pembicara Rizki Rahman, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara,  Hendri Kaitjili, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Minahasa Utara Audy Sambul, Camat Airmadidi dan jajaran serta para undangan lainnya.



Penulis: DeWa


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.