Header Ads

BBPOM Manado Himbau Pembelian Obat Antibiotik Harus Dengan Resep Dokter

 


Manado,editorialsulut.com - BPOM Manado, mengajak seluruh dokter, apoteker, bidan, klinik, apotek dan toko obat, untuk tidak menjual bebas atau memberikan antibiotik kepada masyarakat tanpa resep dokter. 

Hal itu ditegaskan, kepala BBPOM Manado, Dra. Hariani, Apt, di Manado, saat melakukan sosialisasi pengendalian antimicrobial resistance AMR, di arya duta hotel, Senin (20/6). 

"Penggunaan antibiotik sembarangan tanpa resep dokter akan menyebabkan resistensi microba, lalu resistensi itu juga resisten dengan yang lainnya kemudian bertumpuk maka menyebabkan tubuh manusia kebal terhadap antibiotik dan sakit," kata Hariani.  

Karena itu, dia mengatakan, BBPOM memberikan mengedukasi masyarakat agar tidak sembarangan membeli maupun mengkonsumsi obat antibiotik, jika tak ada resesp dokter yang sudah disetujui apoteker. 

Dia mengatakan,  pihaknya melakukan intervensi terhadap distribusi obat-obatan di apotik, toko obat, rumah sakit, puskesmas hingga klinik dan praktek dokter. 

"Kami tidak bisa menindak lebih, seperti menutup apotek maupun toko obat, karena akan menyebabkan kegaduhan, dan bisa dikatakan menghambat pelayanan obat bagi masyarakat, jadi kami mengintervensi lewat pengawasan dalam peredaran obat-obatan," tegasnya. 

Dia mengatakan, di Sulawesi Utara, sebagai langkah awal, pihaknya mulai melakukannya d Kota Manado, karena karena punya cukup banyak toko obat dan mengajak para apoteker, RS, klinik, hingga Puskesmas untuk melakukan hal tersebut.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.