Header Ads

KPU Manado dan Tamu Undangan Mengikuti Launching Peluncuran Tahapan PEMILU

 

Manado,editorialsulut.com - Secara virtual, KPU Manado, mengikuti peluncuran tahapan pemilihan umum (Pemilu), yang dilakukan dari Sekretariat Jenderal KPU RI, yang dihadiri Bawaslu, perwakilan pemerintah, Parpol dan DPRD, Selasa malam.

Ketua KPU Manado, Drs. Jusuf Wowor, MSi, mengatakan, pencanangan itu menunjukan bahwa peluncuran dan agenda tersebut adalah starting poin tahapan Pemilu 2024 nanti. 

"Sesuai Mengacu pada UU No. 7/2017 pasal 167 ayat 6, bahwa tahapan penyelenggaraan pemilu dimulai paling lambat 20 bulan sebelum hari H, dan agenda nasional pesta demokrasi 2024 sudah ditetapkan, akan dilaksanakan pada Rabu 24 Februari 2024," kata Wowor.

Hal tersebut kata Wowor, diperkuat dengan PKPU 3/2022 tentang tahapan dan jadwal pemilu 2024. 

Sementara dalam peluncuran yang juga dihadiri komisioner KPU lainnya, Sunday Rompas, ST, Moh. Sahrul Setiawan, Ismail Harun dan Abdul Gafur Subaer, Ketua Bawaslu, Marwan Kawinda dan anggota Heard Runtuwene, perwakilan Kesbangpol Manado, Reynold Runtu, dari Kejari Manado, Jimmy Gosal dari DPRD dan para perwakilan Parpol, KPU menerima penyampaian dan arahan dari Mendagri, ketua DPD-RI, DPR-RI dan Ketua KPU RI. 

Mendagri Tito Carnavian, menyampaikan pesan kepada KPU yang mengingatkan, tentang pertemuan dengan Presiden Jokowi, dimana pemerintah sudah menegaskan mendukung penuh pelaksanaan Pemilu, mulai dari pendampingan, pengadaan logistik dan pendanaan. 

Sedangkan Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari Pemilu dilaksanakan lima tahun sekali, dan sudah menjadi tugas KPU untuk memastikan pemilu terlaksana, karena pemilu merupakan alat untuk meraih dan mempertahankan kekuasaan secara legal. 

Sedangkan Ketua DPR-RI, Puan Maharani menitipkan, bahwa sejak awal DPR RI, pemerintah, KPU dan banyak elemen masyarakat sudah berkomitmen bahwa 2024 Pemilu harus dilaksanakan, dan merupakan sarana untuk mencapai tujuan mnegara sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945. 

Pesan dari DPD-RI yang disampaikan Nono Sampono, bahwa peluncuran tahapan Pemilu 2024 dilaksanakan karena adanya pro dan kontra pelaksanaan Pemilu pada 2024 nanti, karena adanya wacana penundaan, karena itu mengingatkan semua tahapan harus terlaksana dengan baik, aman dan nyaman.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.