Header Ads

Realisasikan Janji, Bupati Joune Bangun Jalan Buhias-Tangkasi Pulau Mantehage

 


MINUT, ESC--Komitmen kepemimpinan Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin W Lotulung membangun dan memajukan wilayah Kepulauan terwujudukan. Janji kampanye kedua pasangan itu saat Pilkada 2020 lalu yakni salah satu mewujudkan infrastruktur penunjang bagi masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi tahapan demi tahapan mulai terealisasikan. 


Terbukti, saat Bupati Minut Joune Ganda bersama rombongan menginjakkan kakinya di pulau Mantehage dalam rangka peresmian ruas jalan yang menghubungkan antara desa Buhias dan Desa Tangkasi, Selasa (7/6) kemarin.


Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda dalam sambutannya mengatakan, pembangunan infrastruktur jalan di pulau Mantehage ini adalah merupakan komitmen pihaknya dalam menunjang fasilitas bagi warga kepulauan untuk meningkatkan kesejahteraan. Selain itu jalan ini juga berfungsi untuk menumbuhkan perekonomian antara desa Buhias dan desa Tangkasi yang diketahui bersama dua desa bersaudara.


"Saat memasuki dan melewati jalan yang akan kita resmikan ini saya mengatakan pulau Mantehage ini merupakan satu dari lima pulau yang ada di Kabupaten Minahasa Utara infrastruktur jalan sangat baik. Ini harus menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Mantehage. Apalagi saat ini sedang kita galak-galakan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang, pulau Mantehage bisa menjadi penyangga untuk menjadi salah satu destinasi kunjungan bagi wisatawan,"ujar Bupati JG.


Lanjutnya, dihadapan warga kedua desa Bupati menamakan jalan tersebut menjadi jalan cinta. Dimana masyarakat desa Buhias dan Desa Tangkasi yang adalah bersaudara meskipun berbeda agama, kristen dan muslim. Kata dia, dengan dibangun jalan ini akan lebih meningkatkan persaudaraan antar kedua desa dalam berbagai aktifitas kehidupan sehari-hari. "Pada saat lebaran warga Buhias dapat berkunjung dengan mudah ke desa Tangkasi untuk bersama-sama makan ketupat, sebaliknya saat natal warga Tangkasi beramai-ramai menyantap kue mentega warga Buhias,"kelakar Bupati yang dikenal egaliter itu disambut tepuk tangan dan sorak masyarakat.


Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Minut Boby Najoan mengatakan, proyek pembangunan jalan Buhias-Tangkasi ini dananya bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2021 dengan nilai kontrak Rp 4,7 Miliar, panjang jalan baru dibangun 1975 Meter, sementara panjang jalan lama eksisting 1700 meter total ruas panjang ruas jalan 3675 meter. Kata Najoan jalan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat di Kepulaun yang selama ini sangat minim Infrastruktur jalan, sehingga dengan adanya jalan ini yag telah menjadi akses utama di Pulau Mantehage.


"Selain itu jalan ini dapat berfungsi memajukan pergerakan ekonomi untuk mengangkut hasil-hasil komoditas pertanian, terutama dengan ada jalan ini dapat membuka sektor pariwisata alam. Karena mengingat kawasan Pulau Mantehage merupakan kawasan Konservasi yang menyimpan berbagai macam vegitasi dan satwa liar beragam dan unik sekaligus dilindungi. Dengan demikian jalan ini dapat bermanfaat untuk menunjang DPSP Likupang,"terangnya.(*)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.