Header Ads

Steven Dandel: Target Utama Kami imunisasi Campak dan Rubella

 

Manado,editorialsulut.com - Dinas Kesehatan (Dinkes)  Manado, menargetkan menjangkau 78.092 anak usia 9 bulan - 12 tahun di kota Manado untuk imunisasi MR, pada BIAN 2022.  

Demikian pernyataan Kepala Dinkes Manado, dr. Steaven Dandel, di Manado. 

Menurutnya, berdasarkan data yang ada, sampai Rabu (8/6), cakupan imunisasi MR untuk anak 9 bulan sampai 12 tahun mencapai 23,39 persen.

Dia mengakui memang cakupan masih cukup rendah untuk imunisasi MR, karena memang masih dipengaruhi oleh karena ketidakpercayaan yang mengakibatkan terjadinya penolakan orang tua, karena kekuatiran dan meragukan vaksinasi, karena pandemi COVID-19.  

"Padahal Dinkes, sudah membentuk tim bersama Diknas untuk memberikan imunisasi pada anak-anak yang sudah bersekolah, karena itulah pelaksanaan imnunisasi dilakukan di sekolah," katanya. 

Di sisi lain, dia mengatakan, yang paling diutamakan dan dikejar dengan target yang tinggi, adalah imunisasi MR untuk mencegah anak-anak dari ancaman campak dan rubella. 

Dandel pun mengatakan, ada juga untuk imunisasi lainnya yang targetnya rendah yakni  DPT-HB-Hib hanya untuk 3.237 anak, kemudian untuk OPV menargetkan menjangkau 7.206 anak, dan IPV sebanyak 12.088 anak untuk yang usia 0-59 bulan.  

Khusus untuk tiga jenis imunisasi ini, kata Dandel, Dinkes memang manargetkan mengimunisasi anak yang selama tiga tahun terakhir ini, tidak pernah divaksin sama sekali, sebab tak dibawa orang tua untuk imunisasi rutin. 

Namun dia mengakui ini memang segmen yang sulit, sebab pada kesempatan pertam 0-9 bulan, tidak dibawa untuk imunisasi oleh orang tua, karena faktor trust dan juga kemungkinan kekuatiran karena pandemi COVID-19.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.