Header Ads

FDW-PYR Resmikan Huntara Korban Bencana Minsel


Minsel, ESC - Bupati Minahasa selatan Franky Donny Wongkar (FDW) didampingi Wakil Bupati Petra Yani Rembang meresmikan Bangunan Hunian Sementara (Huntara) dihadiri utusan yang mewakili Gubernur Sulut Kepala BPBD Drs. Joi Oroh, berlokasi di Perkebunan Palambean Kelurahan Uwuran Dua, Sabtu (23/07/2022).


Peresmian Huntara ini diawali dengan Pengguntingan Pita oleh Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar serta penyerahan kunci secara simbolis oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey yang di wakili Kepala BPBD Sulawesi Utara Drs. Joi Oroh, kemudian dilanjutkan dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Rambles Mangalehe. M.Th



Bangunan Huntara ini dibangun sebagai wujud kepedulian kami Pemerintah terhadap korban bencana alam pantai Amurang yang terjadi waktu yang lalu, hingga warga yang telah tinggal di posko-posko pengungsian telah kami sediakan tempat tinggal hunian yang layak.


Dalam sambutannya Bupati mengatakan, kiranya seluruh warga korban terdampak bencana yang akan menempati Huntara ini bisa tinggal dengan nyaman serta tetap menjaga kerukunan yang ada meskipun banyaknya kendala dalam upayah penanggulangan pasca bencana ini, tapi pemerintah tetap optimis dengan melakukan yang terbaik bagi warga terdampak bencana.


“Kami tetap selalu tegar, karena kami melakukan ini dengan ketulusan hati, dengan keiklasan dan penuh tanggungjawab terhadap masyarakat yang terdampak dari bencana alam,” pungkas Bupati FDW.



Lanjut disampaikan Bupati FDW, dalam proses pekerjaan pembangunan ini dilakukan secara mapalus (gotong-royong) dikarenakan ada keterbatasan dana yang ada.


“Kami bersepakat untuk pembangunan ini dilakukan secara Mapalus, jadi kami melibatkan semua ASN, THL, masyarakat yang ada di Minahasa Selatan, TNI – POLRI juga membantu kami dalam pelaksanaan pembangunan hunian sementara ini,” tutup Bupati Franky.


Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang diwakili oleh Kepala BPBD Sulut Joi Oroh dalam sambutannya mengatakan, pihak Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemkab Minsel terus bersinergi dalam upayah penanganan bencana alam ini.


“Kiranya Hunian sementara ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan membantu serta mendukung masyarakat yang terdampak bencana alam di pantai Amurang dalam proses pemulihan dan tentunya bisa memiliki Hunian Tetap,” ucapnya.



Setelah selesai diresmikan, Bupati FDW bersama Wabub PYR juga rombongan kemudian melakukan peninjauan langsung ke bilik-bilik yang sudah di tempati warga pengungsian. Di kesempatan itu, Bupati bersama rombongan melihat ketersedian air dan listrik sekaligus berinteraksi langsung dengan warga.


Diketahui, Huntara ini dibangun sebanyak 112 bilik dan akan ditempati sementara oleh para warga sembari menunggu pembangunan hunian tetap yang akan dibangun pemerintah.


Turut hadir dalam kegiatan, Wakil Bupati Minahasa Selatan, Petra Yani Rembang, Kepala Kantor Kemenkumham Sulut Harris Sukamto, Sekda Minsel, Glady Kawatu, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Ham Sulawesi Utara, Rudy Hendra Pakpahan, Ketua TP- PKK Minsel, Rosje Wongkar-Sumual, Forkopimda Minsel serta Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan setempat.



Penulis: Steven Paat 



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.