Header Ads

Tunjang Visi Misi FDW-PYR, Dukcapil Minsel Launcing Program Jempol Hebat


MINSEL, ESC - Menunjang Program pemerintah lewat Visi dan Misi Bupati dan wakil Bupati Minahasa Selatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Minsel Launcing Program Inovasi Jempo Hebat, Selasa (06/09/2022) 


Kegiatan yang di laksanakan di desa Kakenturan kecamatan modoinding tersebut dibuka langsung oleh Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar SH. 


Kepala dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Deky Tuwo S. Sos dalam memberikan laporan menyampaikan, Lewat Peraturan Menteri pendayagunaan aparatur negara dan Reformasi birokrasi nomor 30 tahun 2014 tentang pedoman inovasi pelayanan publik. 


"Maka maksud dan tujuan  pelaksanaan program inovasi jempol hebat Ini adalah

1. Melaksanakan amanat peraturan perundang-undangan.

2. Mendekatkan pelayanan kepada masyarakat 

3. Mempercepat pelaksanaan pembuatan dokumen kependudukan 

4. Mempercepat pencapaian target nasional penghimpun penginputan data data kependudukan." Jelas Tuwo




Pada inovasi ini DisdukCapil langsung menyambangi warga desa di setiap Kecamatan untuk memberikan pelayanan jemput bola, sudah pasti dalam hal kepengurusan dokumen yang berurusan dengan Capil. layanan ini bertujuan untuk memper mudah warga agar tidak lagi mengeluarkan jasa transportasi untuk datang ke kantor Capil, selain itu, dengan adanya layanan seperti ini juga meminimalisir penumpukan warga di Kantor DisdukCapil.” Ujar Tuwo. 


Tuwo juga mengatakan, kalau Program Jempol hebat ini adalah bentuk realisasi dari janji pasangan Bupati dan Wakil Bupati FDW- PYR untuk memaksimalkan pelayanan DisdukCapil hingga ke Kecamatan – Kecamatan di Wilayah Minsel.



"JEMPOL HEBAT" adalah suatu program inovasi Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan melalui dinas kependudukan dan pencatatan sipil. Jempon Hebat adalah singkatan dari jemput artinya jemput bola yakni melakukan pelayanan langsung ke masyarakat baik dilakukan di kantor desa maupun secara mobile oleh kendaraan keliling. 


Pengertian lain dari jempol adalah ketika kita mengangkat jempol merupakan suatu isyarat melakukan hal-hal yang baik. Hebat adalah singkatan dari 4 huruf hebat yang artinya 


H. adalah Hemat waktu artinya masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor dukcapil tetapi cukup menunggu saja di rumah atau di desa petugas dukcapil yang akan mendatangi desa-desa bahkan rumah-rumah membuat dokumen kependudukan yang diperlukan sehingga waktu untuk bekerja tidak akan terbuang percuma untuk kantor antre di capil. 


E.adalah efisien dan efektif artinya efisien dan efektif adanya pelayanan langsung ini, maka masyarakat akan semakin efisien tidak akan mengeluarkan lagi biaya transport biaya makan ketika mengurus dokumen ke dukcapil. Arti kata efektif secara umum adalah usaha untuk mendapatkan suatu tujuan sesuai hasil dan target usaha dan tujuan ini ditetapkan berhasil jika tepat waktu sehingga kata efektif menjadi indikator keberhasilan suatu program pelaksanaan pembuatan dokumen kependudukan dilakukan secara cepat dan tepat waktu kecuali ada gangguan internet atau gangguan sistem tapi sepanjang semua lancar Pasti dokumen kependudukan akan diselesaikan tepat waktu. 


B. adalah Bersih artinya bersih dari segala pungutan tidak ada pungli pelanjut capil semuanya gratis tidak dipungut biaya kalau ada staf saya yang meminta biaya silakan melapor maka saya akan berikan sanksi Disamping itu juga pengertian bersih itu ketika kita mengadakan pelayanan lingkungannya harus bersih dan sehat agar masyarakat merasa nyaman juga saat pada Mi kita harus menjalankan photo kesehatan bersih juga berarti setiap petugas pelayanan di dukcapil harus bersih diri harus menjadi contoh dan Teladan di tengah Tengah masyarakat 


A akurat dan akuntabel artinyq akurat berarti setiap proses pengurusan dokumen kependudukan harus dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku bukti-buktinya harus kuat dan akurat persyaratannya harus lengkap dan jelas agar produk-produk dokumen kependudukan yang dikeluarkan oleh dukcapil dapat dipertanggungjawabkan dan tidak akan ada masalah hukum di kemudian hari. Demikian juga proses pelaksanaan keseluruhan program jempol hebat ini harus dipertanggungjawabkan secara jelas 


T.adalah transparan artinya terbuka tidak ada yang ditutup-tutupi kalau gratis bilang gratis kalau Waktu penyelesaian nya hanya 10 menit jangan bilang 1 jam kalau bisa diselesaikan hari ini jangan ditunda besok Senin itu dalam pelayanan tidak ada yang pilih kasih semua diperlakukan sama mau warna merah kuning hijau tetap sama kependudukannya dalam pelayanan." Ucap Tuwo dalam pemaparanya. 


Sementara itu Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar Dalam Prakatanya Menyampikan Banyak Trima Kasih dan Apresiasi kepada Dinas Capil dalam melaksanakn kegiatan ini. 


"Selaku pemerintah kabupaten Minahasa Selatan menyampaikan banyak trima kasih serta mengapresiasi kepada dinas Kependudukan dan catatan sipil dalam melaksanakan kegiatan ini. Mengapa kami harus melakukan kegiatan ini secara maraton di kecamatan  modoinding, karena ini amanat undang-undang. Undang mengatakan bahwa pemerintah itu harus melindungi segenap bangsa Indonesia, pemerintah itu harus mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga kami harus berada di tengah-tengah masyarakat untuk menjawab kebutuhan masyarakat."  Jelas FDW. 


Maka dari itu lanjut FDW, "Pemerintah harus hadir di tengah-tengah masyarakat, untuk menjawab setiap kebutuhan dan kepentingan rakyat, karena tugas kami adalah mengatur mengurus dan kehadiran Kami adalah pengabdian kepada masyarakat lewat program dan kegiatan dan apa yang menjadi kebutuhan dan kepentingan rakyat." Tutup FDW 


Kegiatan ini turut dihadiri, Kadis Kependudukan, Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana Daerah Provinsi Sulut Dr. Linda Watania, MM,MSi, Wakil Ketua DPRD Kab.Minsel Stefanus Lumowa, Gbl. Hany Kolamban,MTh, Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab.Minsel Decky Tuwo,S.Sos, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab.Minsel Ibu Meyti Tumbuan,SPd,MSi, Kepala Dinas PPPA Kab.Minsel Ibu Frely Turangan, Kepala Dinas Kesehatan Bpk. dr. Erwin Schouten, M.Kes, Kepala Dinas Pertanian Ibu Feybe Pusung, Forkopimcam Modoinding, Para Hukum Tua, Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat.



Penulis: Steven Paat


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.