Header Ads

Bupati Franky Lepas Parade Modoinding Potato Festival




MINSEL, ESC - Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th menghadiri Ibadah Syukur Modoinding Potato Festival (MPF) Sekaligus Melepas Parade Kendaraan Hias pada, Sabtu, (22/10/2022) yang bertempat didesa Pinasungkulan Kecamatan Modoinding.


Perlu diketahui bahwa Kegiatan MPF merupakan gagasan dari Pdt Wailan Posumah, M.Th. yang berawal dari daerah Modoinding yang di juluki DAPUR INDONESIA TIMUR yang memiliki potensi hortikultura dan mampu memenuhi permintaan pasar. Pihak gereja di tantang, dimana bentuk perhatiannya terhadap potensi alam dan apresiasi pihak gereja terhadap jemaat dan masyarakat yang berkerja dan bersyukur dalam bidang pertanian.


Dalam hal ini gerejapun ditantang untuk mewujudkan Teologi Kontekstual.

Dan GMIM wilayah Modoinding berupaya menjawab tantangan ini melalui kegiatan Modoinding Potato Festival, Kegiatan ini disponsori oleh Pria Kaum Bapa (PKB) Sion Pinasungkulan Wilayah Modoinding.



Dalam sambutannya Bupati Minahasa Selatan mengungkapkan tema yang disampaikan dalam MPF adalah bersinergi membangun ekonomi bangsa dan tema umum modoinding membagi berkat ini sangat cepat dan baik berkaitan dengan situasi dan kondisi ekonomi global saat ini di mana kita semua diajak oleh Bapak Presiden untuk menanam kita harus merasa bahwa ada yang terjadi di dunia ini termasuk di Indonesia dalam dokumen yang diberikan kepada kami bahwa saat ini ada 345 juta orang di 82 negara yang mengalami kekurangan pangan akut, ada 19700 orang yang meninggal di dunia ini karena kelaparan setiap hari.


"Dan kita harus bersyukur karna di modoinding ini tanah yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan ini diberkati," Ucap Bupati FDW


Maka saya selaku Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan mengajak kepada seluruh petani yang ada di kecamatan ini yang luas wilayah pertaniannya ada kurang lebih 3466 hektar ditanami sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan dari tanah tersebut dan kami semua bersyukur karena data dari Badan Pusat Statistik maka di kecamatan bodoh ini telah menghasilkan di tahun 2001 telah menghasilkan 91.500 ton kentang 5.9854 ton daun bawang, 1579 ton wortel, tomat 4500 ton, cabe rawit 1700 ton dan bawang merah, serta 1920 ton cabe besar.


"Kita perlu memberi apresiasi kepada para petani yang ada di modoinding ini, karna pertumbuhan ekonomi kita untuk di Minahasa Selatan pada tahun 2020 adalah 0,77% tapi di tahun 2001 kita mengalami pertumbuhan ekonomi yang baik menjadi 4,91%," Pungkas Bupati Franky.


Dan sumbangan terbesar adalah dari hasil pertanian Dan saya bersyukur kepada para petani yang ada di Minahasa Selatan termasuk yang selalu memanfaatkan lahan pertanian untuk pertumbuhan ekonomi yang ada di Minahasa Selatan dan tentunya Kita semua harus mengucap syukur kepada Tuhan atas berkat berkat yang telah diberikan oleh Tuhan dan ini yang menjadi dasar sehingga tetap dilakukan dan digagas oleh para petani di Minsel khususnya di Modoinding



Modoinding Potato Festival ini murni apresiasi gereja buat petani dan alam yang Tuhan anugerahkan ditanah Modoinding.

Dan even ini bukan untuk kepentingan pribadi, kelompok, maupun politik.


Dalam kegiatan ini Turut dihadiri Wakil Bupati Petra Yani Rembang, Ketua DPRD Steven Lumowa, Kapolres Minsel, Kajari, Ketua TP-PKK Elsje Rosje Sumual, Ketua Panitia MPF, Camat Modoinding, Unsur Forkopimda, Tamu Undangan dan Masyarakat serta Insan Pers.



Penulis: Steven Paat


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.