Header Ads

Bupati Franky Tandatangan Prasasti RSUD Amurang Naik Kelas ke Tipe C



MINSEL, ESC--Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati Minahasa Selatan Pdt. Petra yani Rembang menghadiri Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 Tahun 2022 di Kabupaten Minahasa Selatan, bertempat di Aula Waleta Kantor Bupati Minahasa Selatan Kamis, (24/11/2022)


Dalam Puncak Perayaan Hari Kesehatan Nasional Ke–58 Tahun 2022 Di Kabupaten Minahasa Selatan, Telah Dilaksanakan: penandatanganan Prasasti Rumah Sakit Umum Daerah Amurang dari Kelas D Naik Menjadi Kelas C, dengan Fasilitas Kesehatan, Tenaga Medis Dan Non Medis Yang Lebih Lengkap, serta penandatanganan Pernyataan Komitmen dan Kesanggupan untuk mendukung eliminasi Kecacingan pada Tahun 2023, eradikasi Frambusia pada Tahun 2023, eliminasi Kusta pada Tahun 2023 dan pemberian  Penghargaan Kepada pengelola Imunisasi Terbaik (Imunisasi Dasar Lengkap Melampaui Target, pengelola Surveilans Terbaik) Penyakit yang dapat dicegah dengan Imunisasi Atau Pd3i, penghargaan Asn Tenaga Kesehatan Atas Dedikasi atas Dedikasi dalam pelayanan Kesehatan (Memasuki Purnabakti), perawat Terbaik, dokter Terbaik. puskesmas Terbaik juga pemberian Hadiah Bagi Para Pemenang Lomba-lomba Dalam Rangka Hari Kesehatan Nasional Ke-58 Tahun 2022 Di Kabupaten Minahasa Selatan dan untuk Sertifikat dari Kemenkes akan diserahkan saat hari malaria sedunia April 2023. 


Dalam laporan Kegiatan oleh Ketua Panitia Dr. Christian Tambingon menyampaikan bahwa HKN pada Tahun 2022 ini merupakan peringatan yang ke - 58 dengan mengusung Tema " Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku".


"Tema ini dapat dijadikan momentum untuk bahu - membahu dan bergotong royong dalam menyelesaikan Pandemi Covid 19 dan beradaptasi dengan kebiasaan baru. Dan semoga pada peringatan hari kesehatan Nasional ini dapat dijadikan momentum untuk kembali mengedukasi , mengubah perilaku, meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam penerapan Protokol Kesehatan , Vaksinasi Covid-19 dan penguatan Fasilitas Pelayanan Kesehatan dalam upaya promotif dan preventif sehingga seluruh komponen masyarakat dapat kembali produktif di Era adaptasi Kebiasaan baru," jelas Tambingon



Sementara itu hal serupa juga disampaikan, Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH saat membacakan Sambutan Menteri Kesehatan Pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke- 58 Tahun 2022 menyampaikan pada peringatan HKN Ke-58 Tahun 2022 Mengangkat Tema “bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku”. 


"Tema Ini Dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secara bersama, bahu membahu, dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa Pandemi Covid-19, sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas dan Produktif Agar Indonesia kembali bangkit dan kembali Sehat." Ucap Bupati


Disampaikan bupati Franky juga Tantangan yang kita hadapi sangat  berat. Bahkan semua Negara, di seluruh dunia sedang menghadapi ujian Krisis Kesehatan akibat Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya Pulih. Namun meski begitu kata bupati Franky, di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur karna Indonesia termasuk Negara yang mampu menghadapi Krisis Global ini. 


"Indonesia termasuk Negara yang berhasil mengendalikan Pandemi Covid-19. Bahkan termasuk lima besar Negara dengan Vaksinasi terbanyak di Dunia, dengan Total 442 Juta Dosis Vaksin telah disuntikkan sampai dengan Oktober 2022." Ungkap Bupati FDW


Meskipun Begitu, lanjut bupati, "Kita Tidak Boleh Lengah. Sejak Bulan Oktober, kita telah mendeteksi adanya kenaikan kembali kasus Covid-19. Data kematian menunjukkan 4 dari 5 pasien meninggal belum divaksinasi Booster. bahkan, Proporsi pasien yang meninggal Akibat Covid-19, 3 kali lebih banyak pada kelompok lansia dibandingkan dengan yang bukan Lansia. Oleh karena itu, mari terus Ingatkan kepada masyarakat untuk melengkapi Vaksinasi Covid-19 dengan vaksin Booster." tutup Bupati Franky.


Diketahui, capaian Vaksinasi Covid-19 Di Kabupaten Minahasa Selatan Per Tanggal 23 November 2022 untuk Dosis 1: 92, 32%, Dosis 2: 69,55%, Dosis 3: 20,41% Dari Total Sasaran 182.634 Orang . 


Kabupatan Minahasa Selatan Menerima Piagam Penghargaan Peringkat Ke-1 Tingkat Nasional Lomba Inovasi Imunisasi Dasar Lengkap Tahun 2022, Pengelolaan Program Malaria Terbaik Dan Status Eliminasi Malaria Di Kabupaten Minahasa Selatan. 




Penulis: Steven Paat 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.