Header Ads

Kepolisian Polda Sulut dan Mahasiswa STIK Rajawali Kepl Talaud Gelar Seminar Tentang Berita Hoax

 


Talaud,editorialsulut com - Pada hari selasa 7 Feb 2023, pukul 09.00 wita bertempat di aula kampus STIK Rajawali Kecamatan Beo kepl.Talaud telah dilaksanakan kegiatan seminar. 

Kegiatan seminar ini dilaksanakan karena Masyarakat saat ini sering kali masih terpengaruh dengan berita-berita hoax yang sering menyebar di media sosial. Yang populer saat ini yakni adanya penculikan anak, Maka dari itu Kepolisian Daerah (Polda) Sulut bersama Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIK) Rajawali  Kepl.Talaud melaksanakan seminar sehari dengan tema, ‘Bijak Medsos Hoax Menyingkir Mahasiswa Kritis  Ekstrimisme Minggir’. 

Sebelum dimulai, acara tersebut dilaksanakan dengan registrasi peserta yang terdiri dari mahasisawa, guru guru SMU, dan PNS, dengan jumlah peserta kurang lebih 70 peserta dan di hadiri juga oleh camat kecamatan beo Sdr.  Fretsly Ontorael, SSTP, MAB. 

Sementara, di acara pembuka, Direktur Intelkam Polda Sulut yang di wakili oleh AKBP. Drs. Wilem  L. Rori, memberi sambutan kepada mahasiswa, terkait perkembangan situasi saat ini, gambaran umum terkait radikalisme cara mengatasi berita berita hox yang berkembang saat ini, serta cara melawan berita2 hoax.

Kemudian bagaimana cara mencegah radikalisme. Ia mendorong agar menjadi bagian masyarakat modern. Adanya berita berita tentang penculiakn anak yang berkembang saat ini, mari kita sikapi hal itu dengan lebih bijak lagi. 

Materi selanjutnya yang disampaikan Raymond Kaya membahas mengenai media sosial, vloger youtuber, emergent Space of digital, Daily Vlog, Travel Vlog, Relationssip Vlog, Beutty dan Lifestile Vlog Kids Vlog serta Cinematic Vlog.

Dalam seminar sehari tersebut, para mahasiswa  serta seluruh peserta mengatakan sangat bangga telah mengikuti materi. Mahasiswa dilatih untuk secara kritis dalam menyikapi dunia internet mengenai berita berita lewat internet, sedangkan perwakilan guru juga merasa  berterimah kasih atas  pelaksanaan seminar ini, terlebih saat ini adanya berita berita terkait penculikan anak  yg sudah meresahkan, namun dengan adanya kegiatan ini kami merasa puas dan merasa tenang namun kami tetap waspadah terhadap situasi di sekitar kita.

“Kami  selaku pihak guru berharap dapat di jadwalkan kegiatan seminar oleh Polda  dengan siswa2 SMU yg ada di Talaud untuk lebih menambah wawasan para siswa. 

Kami selaku mahasiswa juga boleh berterimakasih karna dengan adanya seminar ini akan memberikan edukasi baik dalam lingkungan kampus bahkan pun di luar kampus. 

Ketua sekolah tinggi ilmu komputer (STIK) Rajawali  Talaud ARTHUS D. LARUMU ,S.Kom.,M.TI, berterimakasih kepada pihak Polda telah memberikan pembelajaran membahas konten -konten yg ada di dunia internet .dan berharap kegiatan polda goes to kampus terus di adakan oleh pihak Polda.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.