Header Ads

Pasar Tematik di Tongkaina Akan Segera Selesai

 


Manado,Editorialsulut.com - Mensinergikan pembangunan ekowisata dari pusat ke daerah termasuk Manado, pemerintah kota, dalam hal ini dinas perindustrian dan perdagangan Kota Manado, menggenjot penyelesaian pembangunan pasar tematik, yang berlokasi di Kelurahan Tongkaina, Kecamatan Bunaken. 

Pernyataan itu, disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Manado, Hendrik Warokka, di Manado, Selasa. 

Warokka menjelaskan, memang pembangunan pasar tematik tersebut, seharusnya selesai pada 18 Desember 2022, tetapi karena banyak kendala termasuk kondisi cuaca yang tak bersahabat maka pihaknya pihak ketiga melakukan adendum terhadap perjanjian kerjasama dan berkomitmen menyelesaikan pembangunan sampai saat ini. 


"Kami sudah melakukan langkah sesuai Perpres 21 tahun 2022, dan pihak ketiga tetap bekerja dengan konsekwensi membayar penalti denda," kata Warokka.

Di sisi lain, dia menjelaskan, pasar tematik masuk dalam masterplan pembangunan pariwisata di Manado, dan ternyata juga merupakan program dari pusat, maka lokasinya ditunjuk langsung oleh Bappenas. 


"Jadi pembangunanya penting dan strategis, karena posisinya yang berada di perbatasan antara Kota Manado dan Kabupaten Minahasa Utara,  yang akan menghubungkan ke KEK Likupang, Minahasa Utara," kata Warokka. 

Sambil menambahkan bahwa pembangunan tersebut menelan biaya sampai Rp 75 miliar yang dibreakdown ke sejumlah item belanja, mulai dari termasuk perencanaan, konsultan pengawas, manajemen konstruksi sampai monitoring evaluasi.

Di sisi lain, birokrat yang selalu ramah dengan para pekerja media itu, mengatakan, pihaknya sangat berharap kiranya pekerjaan segera selesai, dan bisa diresmikan, karena akan sangat berpengaruh terhadap devisa dari sektor pariwisata.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.