Header Ads

Pencegahan Bawaslu Berhasil, Banyak APK Diturunkan Mandiri

 

Manado Editorialsulut.com - Upaya pencegahan yang dilakukan Bawaslu Manado, nampaknya cukup berhasil, hal itu ditandai dengan banyaknya APK dan APS yang diturunkan secara mandiri oleh peserta pemilu. 

Ketua Bawaslu Manado, Brillian Maengko, mengakui hal tersebut, setelah melakukan pengawasan melekat di Pulau Bunaken, untuk melihat penertiban yang dilakukan oleh Panwascam Bunaken dan Penawaslur di wilayah kecamatan kepulauan tersebut. 

"Terkait dengan penurunan APK dan APS, saat melakukan pengawasan melekat terhadap inventarisasi di Pulau Bunaken, kami menumukan banyak yang menurunkan sendiri APK dan APS yang dipasang," kata Maengko, Senin sore, usai supervisi di Bunaken. 

Maengko mengatakan, hal tersebut menunjukan bahwa langkah persuasif yang dilakukan Bawaslu untuk mencegah pelanggaran pemilu berhasil, karena banyak yang melakukan secara mandiri. 

"Kami berharap jangan ada penindakan, karena itu menyurati dan mengimbau seluruh peserta pemilu untuk lebih taat, dan hal tersebut berhasil, karena banyak yang menurunkan sendiri, artinya langkah pencegahan yang kami lakukan berhasil,"katanya. 

Usai inventarisasi ini, pihaknya akan menyurati peserta pemilu agar menurunkan yang masih tersisa, dalam waktu tiga hari, jika memang tidak makan akan direkomendasikan kepada Pemkot Manado, dalam hal ini Pol PP untuk ditertibkan, mengikuti aturan yang ada. 

Selain itu, Maengko mengatakan, di wilayah lainnya, artinya di 10 kecamatan lainnya yang menjadi lokasi supervisi dua pimpinan Bawaslu yakni Heard Runtuwene dan Abdul Gafur Subaer, rata-rata sudah menurunkan secara mandiri APK yang dipasang.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.