Header Ads

Resmikan Objek Wisata Bukit Sasabayan, FDW Yakin Tarik Wisatawan ke Minsel



Minsel, ESC - Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar SH, (FDW) meresmikan Destinasi Bukit Sasayaban yang merupakan objek Wisata yang terletak di Kelurahan Buyungon Kecamatan Amurang, Selasa (06/02/2024).


Pengembangan kawasan objek wisata Bukit Sasayaban dari awal hingga selesai sudah banyak ditunggu oleh masyarakat Minsel dan sekitarnya hingga hari ini boleh diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan. Untuk itu Bupati FDW berharap penataan wisata Sasayaban dapat menarik wisatawan, sekaligus memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat.


“Sementara objek destinasi wisata Sasayaban ini, dikelola oleh pemerintah Daerah dan telah dibuka untuk masyarakat luas dan sudah bisa dikunjungi," ungkap Bupati FDW.


Objek Wisata Sasayaban ini nantinya juga akan terus dikembangkan hingga bisa memberikan sejumlah keunikan tersendiri kepada masyarakat pengunjung untuk kami akan coba mengundang investor biar boleh terus berlanjut.


“Kami berharap kedepan, kita akan coba bekerja sama dengan pihak swasta dalam pengelolaan bukit Sasayaban atau mungkin ada dari pihak investor luar yang ingin bekerjasama untuk mengembangkan objek wisata ini” pungkasnya.



Bupati FDW berpesan kepada semua masyarakat yang akan berkunjung ketempat ini agar menjaga kebersihan menjaga dari pengrusakan, agar tempat wisata ini bisa terjaga dan terawat dengan baik.


Sementara itu Plt Ketua DPRD Minsel Stevanus DN Lumowa mengapresiasi Pembangunan bukit Sasayaban, menurutnya meskipun sudah sejak lama pengembangan objek wisata ini diwacanakan, baru di era kepemimpinan Bupati Franky Wongkar hingga destinasi wisata ini bisa diwujudkan.


“Saya selaku pimpinan DPRD Minsel sangat memberikan apresiasi atas terobosan yang dilakukan Pak Bupati boleh mewujudkan objek destinasi wisata ini sehingga boleh dinikmati masyarakat luas,” ungkap Lumowa.


Ditemui media ini melalui Kepala Dinas Pariwisata Ever Kawalo menyampaikan pengembangan Bukit Sasayaban merupakan bentuk tindak-lanjut dari rencana induk kepariwisataan Kabupaten Minahasa Selatan.


“Pengembangan awal kita sudah membangun sejumlah fasilitas penunjang. Di antaranya touris information center (TIC), menara pemantau, gedung serbaguna, chapter, juga theme park-nya,” ungkap Kawalo.


Kawalo juga menjelaskan pengerjaan proyek pengembangan Bukit Sasayaban yang dikerjakan mulai tahun 2023 sudah mengeluarkan anggaran sebesar Rp 8 miliar lebih.


“Anggaran itu bersumber dari DAK dan tahap pertama sudah rampung, kami harap tahun depan akan dilanjutkan lagi dengan pengembangan tahap kedua, tutup Kadis Pariwisata Ever Kawalo.


Peresmian Bukit Sasayaban turut dihadiri Wakil Bupati Petra Yani Rembang, Sekda Minsel Glady NL Kawatu, SH, MSi, Kepala Kejaksaan Negeri Minsel, Kapolres, Plt Ketua DPRD , Perwakilan Dandim Minahasa, Kasatpol PP, Para Camat dan insan Pers.(Steven Paat)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.