Header Ads

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemdes Beringin Kecamatan Ranoyapo Salurkan Bantuan Benih Ikan dan Bibit Jagung


Minsel, ESC - Program Ketahanan Pangan 2024 menjadi target yang terus didorong Pemerintah Desa (Pemdes) Beringin Kecamatan Ranoyapo Kabupaten Minahasa Selatan, dalam pengembangan usaha pertanian dan perikanan kepada masyarakat Desa.


Sebanyak 25 ribu benih ikan Nilam dan Bibit Jagung Pemdes Beringin salurkan kepada 125 Penerima bibit jagung dan 68 penerima untuk benih ikan Nilam di tiga Jaga, Sabtu (27/04/2024).


Pemberian bantuan ini bersumber dari Dana Desa (DD), Kegiatan Ketahanan Pangan sebagaimana tertata dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBDes) Tahun 2024.


Hukum Tua desa Beringin Theresia Billiacarlos, AMd, Kep.SM, menyampaikan pada penyaluran bantuan ketahanan pangan ini merupakan program pemerintah pusat juga upaya untuk mendukung terlaksananya Program Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan melalui Bupati Franky Donny Wongkar SH, yaitu ,”Marijo ba tanam”. sehingga terwujud ketersediaan pangan dan peningkatan ekonomi di desa.


"Kirannya dengan diberikan bantuan ketahanan pangan hari ini, masyarakat desa Beringin dapat memanfaatkan dengan sebaik mungkin agar dapat menopang nilai ekonomi dan pendapatan masyarakat," ungkap Theresia.



Hukum Tua Beringin ini juga berpesan agar dengan diberikan bantuan pangan hari ini, jangan lupa taat dalam membayar pajak dan selalu mendukung program dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, tutupnya.


Diketahui sebagai pemenuhan ketahanan pangan, setiap desa wajib mengalokasikan anggaran 20 persen dari alokasi DD yang diterima. Ketahanan pangan ini sudah diatur dalam Permenkeu RI Nomor 146 Tahun 2023, Bahkan sesuai pasal 16 ayat 2, huruf b, 20 persen itu angka minimal yang wajib diploting setiap desa untuk ketahanan pangan dan hewani.(Steven Paat)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.