Header Ads

Tutup Diklat Pim IV, GSVL Ingatkan Soal Proyek Perubahan Bukan Hanya Tulisan

Manado, BLITZ--SETELAH dilaksanakan selama tiga bulan akhirnya Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) kepemimpinan (Pim) tingkat IV Pola Kemitraan Badan Diklat Propinsi Sulut dan Pemerintah Kota Manado ditutup secara resmi oleh Walikota Manado DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA, di ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Senin (31/10) pagi tadi. 
Dalam arahannya, Walikota GSVL berharap proyek perubahan yang digagas para peserta Diklat Pim IV tidak sebatas tulisan belaka tetapi harus bisa di implementasikan dalan tugas pokok dan fungsi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurutnya, untuk membuktikan apakah proyek perubahan berjalan sesuai yang diharapkan, pihaknya akan melakukan monitor dan evaluasi.
"Saudara-saudara boleh berbangga dengan apa yang saudara tuangkan dan presentasikan dalam proyek perubahan, tetapi proyek perubahan itu tidak hanya sebatas tulisan saja saat dinilai oleh penguji, tetapi sesudah itu apa yang saudara lakukan, akan dimonitor dan evaluasi,"tukas Walikota GSVL.

Lanjut dikatakan, selesai Diklat para peserta boleh berbangga dengan proyek perubahan, namun sikap dan perilaku ASN akan dihormati jika mampu menunjukan kinerja dalam lingkungan kerjanya. "Saudara-saudara boleh bangga dengan proyek perubahan yang saudara buat. Tetapi, saudara akan dihormati jika menunjukan kinerja atau hasil dari sesuatu yang dlandasi oleh perubahan," tandas Walikota GSVL. 

Kiranya para peserta yang dinyatakan berhasil dalam Diklat Pim IV harus mampu berkompetisi dengan ASN dari kabupaten/kota lainnya di Sulawesi Utara. "Jangan kalah dangan ASN dari kabupaten/kota yang lain di Sulut, semua punya peluang untuk mengembangkan ide-ide bagus dan cerdas. Saya akan monitor dan secara reguler melakukan evaluasi. Jadilah pembawa perubahan dimanapun saudara pergi,"ujar Walikota GSVL.

Sebelumnya, Kepala Badan Diklat Propinsi Sulut DR Noudy Tendean mengatakan hadirnya 40 peserta Diklat Pim IV di Pemkot Manado akan membawa 40 proyek perubahan diinstansi masing-masing. "Para peserta akan menjadi pemimpin perubahan, ada 40 proyek perubahan atau 40 karya inovatif dan kreatif akan menentukan pula kualitas proyek perubahan,"ujarnya.
Dikatakan Tendean, penilaian terhadap peserta Diklat meliputi laporan hasil seminar dalam bentuk pameran, serta sikap dan perilaku selama Diklat. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala BKD Kota Manado, Drs Musa Hans Tinangon MSc dan sejumlah mentor Kepala SKPD masing-masing peserta Diklat PIM IV.


Penulis: Ivan Wakkary

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.