Header Ads

Bendungan Tertinggi Di AS Nyaris Jebol, Ratusan Ribu Warga Mengungsi

Bendungan Danau Orovill/medeka.com 
SEKITAR 180 ribu orang dari beberapa kota di California Utara harus mengungsi dari rumah mere­ka menyusul rusaknya salah katup Bendungan Danau Oroville.
Bendungan Danau Oroville yang merupakan ben­­dungan tertinggi di AS tersebut dikhawatirkan jebol.
Sheriff Butte County, California, Kory Honea, menyampaikan peringatan tersebut.
“Evakuasi (warga) dari area ba­wah Oroville dan daerah hi­lir diperintahkan. Ini bukan latihan. Ini bukan latih­an. Ini bukan latihan,” bunyi pernyataan Sheriff Butte County, kemarin.

Bangunan Bendungan Danau Oroville itu terletak 105 km (65 mil) sebelah utara Sac­ramento.

“Spillway bendungan itu di­perkirakan gagal (bekerja) dalam 1 jam berikutnya,” kata Departemen Sumber Daya Air (DWR) California dalam sebuah pernyataannya.

Kejadian itu merupakan yang pertama sepanjang 50 tahun bendungan itu berdiri. Dalam imbauan tersebut, war­­ga diminta mengungsi ke utara. Karena instruksi itu, kemacetan terjadi di jalan-jalan menuju keluar kota.

Upaya yang dilakukan sejauh ini, menurut Departemen Sumber Daya Air, ialah pihaknya mengurangi debit air sebanyak 100 ribu kaki ku­bik (2.830 meter kubik) air per detik untuk mengurangi tekanan air

Bendungan itu memiliki dua katup, yaitu katup utama dan katup darurat, yang berfungsi untuk mengatur debit air agar tidak terjadi luapan. Saat ini kedua katup itu sedang mengalami kerusakan. Minggu lalu, katup utama ben­dungan ini mengalami ke­rusakan karena erosi.

Honea menambahkan perintah evakuasi dinyatakan untuk menghindari ‘skenario terburuk’ jebolnya bendungan tersebut.

Dia menambahkan belum ada keputusan untuk meng­izinkan warga kembali lagi ke rumah mereka.

“Saya tidak akan menarik perintah evakuasi sampai sa­­ya mendapatkan cara yang lebih baik,” kata Sheriff Butte County Kory Honea.

Para pejabat, kata dia, masih menunggu untuk lebih me­nilai situasi dan sebelum memutuskan situasi telah a­man bagi warga untuk kembali.

Sementara itu, Gubernur California Jerry Brown me­nge­luarkan perintah darurat negara untuk membantu pemerintah daerah menga­tasi situasi dan melakukan evakuasi.

Intensitas hujan di Califor­nia Utara selama musim di­ngin sangat tinggi sehingga air bendungan Danau Oroville meluap.

Selain dari intensitas hujan yang tinggi, air ben­dung­an datang dari pegunung­an Sierra Nevada Utara, yang mengalami salah satu musim yang paling basah.
Itu telah memicu kekhawa­tiran apakah air bisa meluap dan menyebabkan banjir di daerah-daerah sekitar bendungan tersebut.

Selama ini bendungan Danau Oroville berfungsi sebagai pasokan air, pembangkit listrik tenaga air, dan pengen­dalian banjir wilayah California. Bendungan dengan tinggi 230 meter itu dibangun antara 1962 dan 1968.




Ivan W/MediaIndonesia.Com

block ID 8794 : editorialsulut.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.