Header Ads

Pemkab Minahasa, Gelar Bimtek SAKIP


MINAHASA, BLITZ - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, yang dipimpin oleh
Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowilling Sajow MSi (JWS), dan
Wakil Bupati Ivan Sarundajang (IVANSA), menggelar Kegiatan Penyusunan Laporan Kinerja Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Daerah Kab. Minahasa, di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa Kamis 8 Februari 2018.


Pada kegiatan tersebut, diawali dengan Sambutan Bupati Minahasa,
Yang di sampaikan Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Jeffry R. Korengkeng M.Si, mengatakan kegiatan ini merupakan tekad dan komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi pembangunan di tanah Minahasa tercinta ini.

" Pelaksanaan kegiatan ini, dalam rangka menyegarkan komitmen, memperkuat motivasi kerja serta membangun kebersamaan Tim kerja  Pemerintah Daerah, Mensinergikan tugas-tugas pemerintahan, Pembangunan dan kemasyarakatan selaras dengan tuntutan terhadap penyelenggaraan pemerintah yang baik dan bersih, " terang Korengkeng.

Pelaporan Kinerja dan Tata cara atas laporan kinerja instansi pemerintah Lanjut Korengkeng, dituntut pengembangan dan penerapan sistem pertanggungjawaban yang jelas teratur dan efektif yang dikenal dengan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Daerah (SAKIP), Penerapan tersebut bertujuan agar penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan berdayaguna, berhasilguna dan bertanggung jawab serta bebas dari KKN.

" Jajaran pemerintah Kab. Minahasa diharapkan akan semakin berfokus kepada peningkatan akuntabilitas serta peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil, dan juga untuk Aplikasi SAKIP merupakan Re-Aplikasi dari program (SAKIP) yang telah diterapkan pemerintah kota Bandung, dimana Kota Bandung berhasil meraih predikat A hanya dalam kurun waktu 1 tahun. Oleh karena itu diharapkan dengan adanya narasumber dari pemerintah Kota Bandung dapat membantu Kabupaten Minahasa bisa mendapatkan predikat yang baik untuk penilaian SAKIP tahun mendatang " tegas Korengkeng.

Lanjutnya Kegiatan ini bertujuan untuk membekali dan memberi pemahaman dan pengetahuan tentang laporan kinerja instansi pemerintah (LAKIP) di masing-masing SKPD.

" Melalui bimtek ini dapat mendorong instansi pemerintah untuk menyelenggarakan tugas umum pemerintah dan pembangunan secara baik dan benar yang berdasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, kebijaksanaan yang transparan dan dapat dipertanggungjawabkan, Serta menjadikam instansi pemerintah yang akuntabel sehingga dapat beroperasi secara efisien, efektif dan responsif terhadap aspirasi masyarakat dan lingkungamnya agar tercipta kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah " jelas Korengkeng.

Dengan mengikuti Bimtek di saat ini lanjut Korengkeng,
Peserta diharapkan  mampu memberikan kontribusi dalam penyusunan laporan kinerja pemerintah yang bisa berdampak pada peningkatan kinerja instantasi pemerintah.

Diakhir sambutannya beliau berterima kasih kepada narasumber atas kesediaannya memfasilitasi kegiatan di saat ini.

Dikesempatan yang sama, Kepala Bagian Organisasi Kota Bandung Medi Mahendra, AP, S.Sos, M.Si, selanjutnya memberikan penjelasan singkat tentang Aplikasi SAKIP.

" Menggunakan aplikasi SAKIP dapat meningkatkan efisiensi kerja, karena tunjangan kinerja yang di dapat dinamis sesuai dengan kinerja masing-masing, karena aplikasi ini dapat memperlihatkan kinerja masing-masing.  Minahasa adalah Kabupaten pertama di Sulawesi Utara yang akan menggunakan program aplikasi ini ", ujar Mahendra.

Aplikasi ini digunakan Lanjut Mahendra, Karena sering RPJM dan Rencana strategi sering tidak searah dan dalam aplikasi ini akan tercatat semua indikator juga akan terlihat grafiknya, serta SAKIP bisa jadi juara, tergantung dari komitmen kepala daerah.

Kegiatan tersebut ikut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Jeffry R. Korengkeng, SH, M.Si, Asisten Administrasi Umum Hetty Rumagit. SH, Kepala Bagian Organisasi Setda Kab. Minahasa Basaria T. D. L. Gaol, SE, M.Si, MCom (IS), Kepala Bagian Organisasi Kota Bandung Medi Mahendra, AP, S.Sos, M.Si, Kepala Sub Bagian Organisasi Kota Bandung Rahadian, SE, jajaran pemerintah Kab. Minahasa, serta peserta kegiatan.




Willy Tentero

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.