Header Ads

Astaga...Ini Penyebab Kelangkaan BBM di Talaud

Diistimewakan Pertamina, APMS Karya Maranatha Penyebab Kelangkaan BBM Di Talaud?



Ilustrasi: Antrian Akibat Kelangaan Minyak Tanah. (Ist)



Melonguane, BLITZ--Agen Premium Minyak dan Solar (APMS) Karya Maranatha, diduga jadi anak emas Pertamina Manado dan Bitung.


Pasalnya, kelangkaan BBM jenis minyak tanah yang terus terjadi sampai hari ini akibat tidak dipenuhinya pembayaran kuota BBM oleh APMS Karya Maranatha, justru tidak mendapat perhatian serius, malah terkesan dibiarkan oleh pihak Pertamina Perwakilan Sulut.

Padahal, Karya Maranatha ini sudah berulang kali dipanggil Hearing Dekab Kepulauan Talaud akibat kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Wilayah Kabaruan, Salibabu dan Melonguane, itu

"Kuota 150 Kilo Liter setiap bulannya tidak mampu ditebus oleh pihak Karya Maranatha. Akibatnya kelangkaan minyak tanah menyebar dan terjadi hingga ke Pulau Karakelang. Hal ini sudah berulang kali disuarakan dan disampaikan baik ke Pemkab Kepulauan Talaud dan Pertamina, tetapi tidak pernah diindahkan," ungkap Devosit Putra Malengsang tokoh muda Talaud, Rabu (25/7).


Anggota Dekab Talaud Meike Manganguwi yang berasal dari Wilayah Kabaruan dan Salibabu mengatakan, dari hasil hearing beberapa waktu lalu diketahui, pihak Karya Maranatha sudah memungut atau mengambil uang pembayaran dimuka dari semua agen dan pengecer, untuk kemudian dipakai menebus kuota minyak tanah di Pertamina Depo Bitung.


"Dari kondisi itu, jelas tergambar bahwa APMS Karya Maranatha sudah tidak punya kemampuan memenuhi kewajibannya melakukan penyaluran BBM di Talaud khususnya di Pulau Kabaruan dan Salibabu. Tapi herannya Pemkab terlebih Pertamina tidak pernah memberi teguran bahkan sanksi," tukasnya.



Anggota Dekab Talaud Meike Manganguwi.(ist)


Keduanya meminta Pemkab Kepulauan Talaud, segera keluarkan rekomendasi kepada Pertamina Manado untuk memberi sanksi bahkan mencabut ijin APMS Karya Maranatha, agar diganti dengan perusahaan yang jauh lebih valid dan mempunyai kemampuan keuangan yang baik.


"Pemkab segera terbitkan rekomendasi kepada Pertamina Manado untuk mencabut ijin APMS Karya Maranatha," ucap Pakaya.





Den-Dala
block ID 8794 : editorialsulut.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.