Header Ads

Bupati Manalip Himbau Masyarakat Waspada DBD

Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Manalip.(istimewa)


Melonguane, BLITZ--Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Manalip menghimbau kepada seluruh masyarakatnya untuk mewaspadai penyebaran Demam Berdara Dengue (DBD).

"MAsyarakat Talaud saya minta hidup sehat dengan melakukan 4 M Plus. Ingat penyebaran DBD sulit untuk ditangkal jika masyarakat tidak hiduo sehat," ujar SWM.

Lanjutnya, sebagai upaya pencegahan Pemkab Talaud kini sudah melakukan monitoring dan evaluasi sejumlah wilayah yang terdeteksi adanya penyebaranDBD.

"Dinas Kesehatan sudah mulai turun dan menghimbau masyarakat untuk waspada DBD dan melaukan pola hidup sehat," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud dr Kerry Monangin juga mengimbau masyarakat tingkatkan kewaspadaan dini demam berdarah (DBD).

"Masyarakat diimbau melakukan pemberantasan sarang nyamuk di lingkungan masing-masing melalui kegiatan 4 M Plus, dua kali seminggu," ujarnya.

Monangin menjelaskan, 4 M Plus yang dimaksud adalah menguras tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi, vas bunga, tempat penampungan air kulkas, agar telur nyamuk aedes mati. Menutup semua wadah tempat penampungan air di dalam dan di luar rumah, mengubur atau memusnahkan semua barang bekas yang dapat  menampung air agar tidak menjadi tempat bertelur dan berkembangbiak nyamuk, memantau semua tempat-tempat yang berpotensi menjadi tempat perindukan nyamuk, melalui kerja bakti massal di lingkungan tempat tinggal.
"Sedangkan plusnya adalah jangan menggantung baju di dalam rumah, menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan lotion anti nyamuk, membubuhkan bubuk pembunuh jentik aedes seperti abate, dan memelihara ikan," jelas Monangin.

Menurutnya fogging atau pengasapan bukan solusi terbaik untuk pemberantasan nyamuk. Karena fogging hanya dapat membunuh nyamuk dewasa. Sedangkan telur atau jentik nyamuk tidak dapat dibasmi.

"Kenali tanda-tanda DBD. Penyakit ini sangat menular dan bisa menyebabkan kematian. Oleh karenanya sejak dini masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan DBD," tandasnya.






Den-Dala

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.