Kodim 1312/Talaud Inisiasi Dialog Penanggulangan Gempa dan Tsunami

Kodim 1312/Talaud usai berdialog dengan masyarakat.(foto:istimewa)


Melonguane, BLITZ--Bencana bisa datang kapan saja dan tidak bisa di duga akan terjadi di mana. Menyikapi hal tersebut, Kodim 1312/Talaud menginisiasi dialog penanggulangan gempa dan tsunami, Kamis (18/10) siang di Aula Makodim Melonguane.



Dituturkan Dandim Letkol (Arm):Gregorius Eka Setiawan, bagaimana sikap, tindakan dan Standar Operasional dan Prosedur penanggulangan bilamana terjadi bencana gempa dan tsunami.


"Sebagai daerah yang berada di kawasan Ring Of Fire, Kepulauan Talaud sangat rentan dengan ancaman gempa. Tentunya melalui dialog kali ini, diharapkan kita bisa menemukan SOP mulai dari pra hingga pasca bencana dari semua aspek yang dibutuhkan," jelas Dandim.



Sementara dalam dialog yang dipandu Kasdim Mayor (Inf):Sigfried Panaha, Sekab Ir Adolf Binilang, maupun jajarannya baik Dinas Sosial, kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah serta para pemangku kepentingan lainnya, menyampaikan, selama ini belajar dari pengalaman kejadian gempa yang pernah terjadi di Talaud, sosialisasi dan penetapan lokasi pengungsian menjadi prioritas yang diutamakan untuk disiapkan.



"Untuk Melonguane, jalur evakuasi dari arah barat, tengah dan timur menuju ke pusat evakuasi sudah cukup baik. Tinggal memang yang mungkin agak terkendala, adalah bagi masyarakat di wilayah timur sebab untuk menuju ke titik evakuasi, bilamana kejadian seperti 2008 lalu di tengah malam, jalur evakuasi cukup gelap. Tetapi tentu ke depan akan ditingkatkan lagi," ungkap Sekab sembari mengatakan untuk tahun ini sudah dianggarkan Rp.1 Miliar dana penanggulangan bencana.




Den-Dala

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.