Header Ads

Karyawan Eks Giant ngadu ke DPRD, Lela-Rurubua: Kami segera panggil pimpinan swalayan

Dua legislator Manado Jurani Rurubua dan Sonny Lela menerima pengaduan belasan mantan karyawan PT Sekaiichi Dwiputra Manado.(foto:dims.esc)


Manado, editorialsulut.com- Dua legislator Manado Jurani Rurubua dan Sonny Lela menerima pengaduan belasan mantan karyawan PT Sekaiichi Dwiputra Manado, sebab hak mereka selama bekerja tidak dibayar perusahaan.

"Ada sembilan hal yang diadukan oleh  bekas karyawan swalayan Giant, dimana semuanya merupakan keluhan terkait hak-haknya yang tak diberikan perusahaan tersebut," kata Legislator dari PSI, Jurani Rurubua, di Manado.

Dia mengatakan, para bekas karyawan tersebut, datang menyampaikan aspirasinya karena keluhan dan laporan yang disampaikan kepada dinas tenaga kerja belum ditindaklanjuti.

"Karyawan dibantu Jedmon Nalang, menyampaikan bahwa perusahaan belum membayar gaji pekerja sesuai UMK, kemudian tidak membayar THR sesuai aturan hanya 80 persen, memotong upah karyawan untuk BPJS ketenagakerjaan, tetapi tidak pernah disetorkan ke kantor BPJS," katanya.



Keluhan lainnya kata Rani, sapaan akrabnya, perusahaan tidak memberikan cuti hamil kepada karyawan perempuan, memotong upah karyawan tidak sesuai aturan dengan alasan untuk pelatihan dan lainnya, tidak memberikan libur nasional.

"Perusahaan juga memotong upah karyawan meskipun ada surat keterangan dokter dan memotong upah karyawan jika tidak memasukkan surat pengunduran diri dan tidak mencatatkan PKWT karyawan pada instansi berwenang sehingga tidak mendapatkan kepastian hukum terhadap status ketenagakerjaan," katanya.

Semua keluhan karyawan tersebut diterima Jurani Rurubua dan Sonny Lela, yang langsung minta kepala dinas tenaga kerja untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut.

"Semua keluhan langsung kami tindaklanjuti dan akan diupayakan ubtuk difasilitasi agar dapat diselesaikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dan dalam waktu dekat pihak terkait segera kami panggil," katanya.



(Dims)
block ID 8794 : editorialsulut.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.