Header Ads

Paripurna Masa Sidang Pertama DPRD Manado











Manado,(editoriasulut.com) DPRD Manado, Rabu, sore sampai malam, mengggelar paripurna membuka masa sidang pertama anggota DPRD periode 2019-2024, penetapan rencana kerja dan penyampaian tingkat I pengantar dua rancangan peraturan daerah (Ranperda), yang dipimpin Ketua Dra. Aaltje Dondokambey, didampingi oleh Wakil Noortje Van Bone dan Audrey Laikun, dihadiri Wali Kota Vicky Lumentut dan Wakil Mor Bastiaan.

"Dengan ini kami membuka membuka masa sidang pertama anggota DPRD Manado, periode 2019-2024, dan menetapkan Renja yang sudah disusun, oleh komisi sejak terbentuk, kata Ibu Al, sapaan akrabnya di Manado.

Ibu Al, sapaan akrabnya berharap kiranya semua renja yang sudah disusun dapat dilaksanakan dengan benar, terutama menjelang berakhirnya tahun anggaran 2019 ini. 

Setelah itu, Wali Kota Manado, diberi kesempatan menyampaikan pengantar kedua Ranperda tersebut, dalam rapat paripurna agar dibahas oleh DPRD Manado.

Vicky Lumentut, dalam pengantarnya mengatakan, pemerintah mengajukan dua Ranperda untuk dibahas bersama dengan DPRD yang berkaitan dengan kepariwisataan, yakni Ranperda Manado Fiesta dan rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah Kota Manado.



"Sekarang ini, pembangunan kepariwisataan menjadi salah satu  cara untuk meningkatkan pendapatan negara yang dihasilkan dari kunjungan wisatawan," katanya.

Demikian pun di Manado, kata Lumentut, pariwisata ditetapkan sebagai salah satu penopang pendapatan daerah, sebab makin tingginya tingkat kunjungan wisatawan di Manado, dan Manado Fiesta yang sudah dilaksanakan selama tiga tahun berturut-turut menjadi ajang untuk mempromosikan pariwisata ke tingkat nasional dan dunia internasional. 

Ditambah lagi katanya, mulai tahun depan Manado Fiesta masuk dalam top 100 wonderfull calender of event Indonesia, sudah pasti Manado akan makin dikenal di dunia, dan pembangunan kepariwisataan di Kota Manado diharapkan dapat mendorong perekonomian daerah, meskipun ada tantangan seperti tetap mempertahankan budaya hidup harmonis,  yakni hubungan antara manusia dengan sesama, dengan Tuhan dan alam sekitarnya.

Sebelum menutup paripurna seluruh enam faksi di DPRD Manado, menyampaikan pemandangan umum, yang dimulai dari Gerindra, Nasdem, PDIP, Golkar, Demokrat dan PAN dimana semuanya menyatakan menerima untuk membahas dua Ranperda tersebut.

DPRD juga membentuk Pansus untuk kedua Ranperda tersebut, dimana untuk rencana induk pembangunan kepariwisataan kota Manado, diketuai oleh Jonas Makawata, SE, Wakil Sekretaris dr. Suyanto Yusuf, dan anggota masing-masing Vanda Pinontoan, SE,  Lucresia Masengi, SH,  Lucky Datau, Frederik Tangkau, ST, Nanses Rakian, SH dan Yanthie Kumendong, SPd.

Sedangkan untuk Ranperda Manado Fiesta, ketuanya adalah Reynold Wuisan, Wakil Zakarias Tatukude, Sekretaris Meikel Maringka dan anggota Maikel Towoliu, Wahid Ibrahim, Mona Cloer, Soeharto Kiu, Revani Parasan dan Franko Wangko. (dims
block ID 8794 : editorialsulut.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.