Header Ads

Target Dinkes Manado 2020 program Indonesia Sehat 120 Ribu KK




Kepala dinas Kesehatan dr.Ivan Sumendha Marthen



Manado, (Editorialsulut.com),-  Dinas Kesehatan (Dinkes) Manado menyatakan sudah mencapai 28.118 KK di Manado yang masuk dalam pendataan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK), dari target 120 ribu untuk 2020 nanti.

"Itu realisasi pencapaian yang dilakukan tim lapangan 15 Puskesmas di Kota Manado, yang kami evaluasi dan diharapkan bisa mencapai lebih banyak nanti sampai akhir 2019," kata Kepala Dinkes Manado, dr. Ivan Sumendha Marthen, MM, dalam evaluasi PIS-PK di Bapelkes Manado, Kamis-Jumat.

Dia mengatakan, program tersebut memang sudah mulai dijalankan sejak awal tahun 2019 dan 15 Puskemas diberikan pelatihan sehingga bisa melakukan tugasnya dengan baik, meskipun memang tidak ringan, karena ada banyak kendala yang dihadapi di lapangan.



"Namun sebagai garda pemerintah kota terdepan, untuk melaksanakan visi dan misi wali kota dan wakil Manado, yakni masyarakat cerdas dengan derajat kesehatan yang tinggi, maka kita harus meningkatkan kinerja, jangan hanya duduk di Puskemas tetapi harus lebih rajin turun," katanya.

Kadis Ivan mencontohkan, dirinya bahkan sudah turun di sekitar 10 kelurahan untuk melihat bagaimana pendataan serta layanan kesehatan langsung yang diberikan, sehingga mengambil langkah cepat untuk solusi dengan mengajak jajarannya menyurati pemerintah kelurahan dan
tokoh agama, agar membantu menyampaikan kepada masyarakat tujuna Puskemas agar bisa lebih mudah.

"Kita berharap tahun depan target 120 ribu KK bisa tercapai, karena nantinya data itu akan diintegrasikan dengan aplikasi portal analisis data berbasis peta," katanya.

Kepala Dinas Kominfo Erwin Kontu SH


Dalam evaluasi tersebut, hadir juga Kepala Dinas Kominfo Erwin Kontu, SH, sebagai salah pemateri serta Kepala Bapelitbangda Manado, dr. Liny Tambajong. (dims)
block ID 8794 : editorialsulut.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.